Pengelolaan informasi dan pengetahuan merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Maka dari itu, penting untuk sebuah perusahaan memiliki sistem manajemen atau pengelolaan kearsipan yang baik. 

Dalam mengelola informasi dan pengetahuan, dikenal konsep DIKW atau Data, Information, Knowledge, dan Wisdom.

Konsep DIKW ini berbentuk piramida, dimana Data menjadi bagian paling bawah dan Wisdom adalah bagian paling atas. Piramida ini kemudian mewakili hubungan antara data, informasi, pengetahuan, dan kebijaksanaan, dimana tiap tingkatan merupakan proses untuk menuju tingkatan yang lebih tinggi.

 Setiap tingkatan menjawab pertanyaan tentang data awal dan menambah nilai dari data tersebut. Semakin kaya data yang dimiliki, maka semakin banyak pengetahuan dan wawasan yang didapatkan, sehingga perusahaan Anda mampu menggunakan data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Baca Juga:

Bagian-bagian dari piramida DIKW

1. Data (Data)

Data didefinisikan sebagai simbol yang memperlihatkan property dari objek, kejadian dan kondisi tertentu. Data sendiri merupakan produk dari pengamatan yang sudah dilakukan. Data yang tidak diproses tidak memiliki arti dan hanya menunjukkan keberadaannya sendiri. 

2. Informasi (Information)

Informasi merupakan bagian yang lebih lengkap daripada data, yang dilengkapi dengan deskripsi. Selain itu, informasi juga merupakan data yang sudah disempurnakan dengan konteks, tujuan analisis, dan metode analisis. 

3. Pengetahuan (Knowledge)

Pengetahuan muncul dari informasi yang telah diakumulasi dari waktu ke waktu. Pengetahuan juga merupakan hal yang memungkinkan terjadinya transformasi dari informasi menjadi instruksi. Hal ini dapat diperoleh dengan transfer dari orang lain yang memilikinya atau instruksi dari orang lain. Selain itu, pengetahuan atau knowledge juga didefinisikan sebagai koleksi informasi yang dapat berguna.  

4. Kebijaksanaan (Wisdom)

Kebijaksanaan atau wisdom menjadi puncak dari hirarki DIKW. Untuk mencapainya, kira perlu menjawab pertanyaan seperti ‘mengapa melakukan sesuatu’ dan ‘apa yang terbaik. Dengan kata lain, kebijaksanaan atau wisdom adalah pengetahuan yang sudah diterapkan dalam sebuah tindakan. 

Baca juga:

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment