Dalam hal keamanan siber perusahaan Anda, peranan forensik digital juga sangat penting. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan.

Keamanan siber akan mengambil informasi yang ditemukan oleh forensik digital dalam berbagai kasus, kemudian menciptakan cara untuk mencegah kasus tersebut kembali terjadi. Begitu pula forensik digital, hal ini ada karena keamanan siber yang gagal atau lemah.

Kedua hal ini perlu dipahami karena mempunyai keterkaitan satu sama lain untuk menjaga keamanan siber perusahaan Anda.

Apa saja manfaat forensik digital untuk perusahaan Anda?

1. Sebagai langkah preventif

Forensik digital dapat menemukan informasi berharga yang bisa mencegah terjadinya peretasan dan pembajakan perusahaan Anda.

Peretas memiliki berbagai cara untuk membobol sistem, akan tetapi forensik digital telah mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk memperkuat keamanan siber, dan mencegah peretas masuk ke dalam sistem atau jaringan.

2. Identifikasi area kelemahan

Area kelemahan dalam sistem Anda seringkali tidak terlihat, dan bisa saja memudahkan hacker untuk mengakses data atau informasi penting perusahaan Anda.

Forensik digital berperan mengumpulkan informasi kemudian mengevaluasi keamanan sistem Anda. Kemudian keamanan siber berperan untuk memperbaiki celah atau area kelemahan yang berpotensi dibobol.

3. Memulihkan informasi yang dihapus

Dalam digital forensik, memulihkan informasi yang sengaja dihapus atau diubah adalah hal yang sangat penting, sebab sebagai bukti terjadinya insiden.

Forensik digital memulihkan informasi menggunakan metode yang kompleks untuk kemudian dijadikan barang bukti di pengadilan.

4. Mencegah virus dan malware

Salah satu manfaat terbesar dari forensik digital adalah adanya perangkat lunak antivirus.

Forensik digital mencari bagaimana virus masuk ke dalam perangkat atau jaringan. Dengan informasi inilah, perangkat lunak antivirus mampu mengetahui adanya virus yang masuk ke dalam perangkat ataupun jaringan. 

Selain itu, perangkat lunak yang dikembangkan oleh forensik digital juga bisa mendeteksi spyware dan malware, sehingga sistem atau jaringan akan lebih aman.

Ingin menerapkan Digital Forensic untuk perusahaan anda?

Anda bisa dapat menggunakan metode digital forensic dari EC-Council yang sudah terbukti dan diakui secara internasional yang dapat anda pelajari melalui kelas Certified Hacking Forensic Investigator dengan instruktur yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional melalui tombol link DISINI.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment