Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang pesat. Bahkan pekerjaan manusia kini sudah dipermudah dengan hadirnya teknologi. Berbagai teknologi sudah digunakan dalam pekerjaan manusia, dan bahkan berjalan beriringan dengan pekerjaan manusia itu sendiri. 

Di masa depan, tentunya teknologi juga akan semakin canggih dan akan semakin banyak diimplementasikan di berbagai aspek kehidupan manusia. 

Berikut 4 tren teknologi yang diprediksi bakal banyak digunakan di berbagai aspek kehidupan manusia:

1. Augmented Reality atau AR

Augmented Reality atau AR sudah banyak digunakan dalam kamera ponsel untuk memanipulasi hasil foto maupun video. Lebih jauh lagi, Augmented Reality ternyata bisa digunakan untuk berbagai hal lain, salah satunya untuk platform belanja online

Platform belanja online memang memberikan kemudahan untuk penggunanya, dimana pengguna tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang yang mereka butuhkan. Namun yang seringkali menjadi masalah adalah barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan, baik dari ukuran, warna, maupun jenisnya.

AR diprediksi akan banyak digunakan oleh platform belanja online untuk memberikan gambaran nyata barang yang akan dibeli oleh penggunanya. Dengan penampakan 3D dari barang yang akan dijual, calon pembeli akan tahu persis bentuk dari barang yang akan mereka beli.

2. Konektivitas 5G

Salah satu hal yang terpenting dalam implementasi IT adalah ketersediaan dan kecepatan koneksi internet. Tentunya semakin canggihnya teknologi juga diperlukan koneksi internet yang cepat. 

Beberapa waktu terakhir, konektivitas 5G sudah mulai diperkenalkan di berbagai wilayah, namun hanya wilayah tertentu saja yang mendukung konektivitas 5G. Beberapa pabrikan ponsel juga mulai mengenalkan ponselnya yang sudah mendukung konektivitas 5G.

Diprediksi, konektivitas internet 5G akan menjadi tren teknologi di masa depan, dimana hampir semua wilayah ter-cover konektivitas 5G dan semakin banyak ponsel yang mendukung konektivitas 5G tersebut.

3. Artificial Intelligence atau AI

Artificial Intelligence sempat menjadi bahan pembicaraan di sosial media karena disebut-sebut bakal menggantikan manusia dalam sebuah pekerjaan. Dalam industri teknologi, AI sudah menjadi salah satu bagian penting dalam beberapa tahun terakhir.

Di masa depan, diperkirakan popularitas AI akan semakin meledak dengan banyaknya gadget, aplikasi, situs dan hal lainnya yang mengimplementasikan AI. Dengan begitu, teknologi AI akan semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia, dan akan semakin dipermudah dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

4. Virtual Reality atau VR

Virtual Reality juga salah satu teknologi yang hingga kini masih terus dikembangkan. Namun tidak semua orang bisa mengakses teknologi VR karena keterbatasan biaya, koneksi, dan peralatan. 

Saat ini, VR lebih banyak digunakan untuk keperluan hiburan, seperti game, menonton film, dan hiburan lainnya.

Didukung dengan implementasi AI dan konektivitas yang semakin baik, VR diprediksi dapat digunakan untuk berbagai aktivitas lainnya seperti pertemuan secara virtual bahkan sekolah. Selain itu, VR juga akan lebih mudah diakses untuk semua orang yang ingin menggunakannya. Tentunya hal ini berkat dukungan teknologi lain yang sudah maju pula.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment