Microsoft Excel merupakan salah satu software wajib yang banyak digunakan di dunia kerja. 

Bahkan, banyak perusahaan yang mengharuskan karyawannya menguasai penggunaan Microsoft Excel. Selain karyawan, para pelamar pun juga disyaratkan harus menguasai penggunaan Microsoft Excel.

Microsoft Excel sendiri merupakan software yang dikembangkan oleh Microsoft, yang digunakan untuk menganalisis data. Pertama kali dirilis pada tahun 1978, Microsoft Excel memiliki banyak manfaat untuk berbagai profesi seperti akuntansi, administrasi, bahkan untuk data scientist.

Ilustrasi Microsoft Excel
Ilustrasi Microsoft Excel

Perangkat lunak Microsoft Excel bisa berjalan lintas platform, baik di windows, mac, bahkan di perangkat mobile seperti iOS dan Android.

Microsoft Excel digunakan untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik atau angka. Pengolahan dilakukan dengan menggunakan rumus dalam lembar, atau yang disebut dengan spreadsheet. 

Baca juga:

Rumus-rumus dasar Microsoft Excel

Agar pengolahan data numerik berjalan dengan akurat, ada berbagai rumus yang tertentu di spreadsheet Microsoft Excel. Rumus-rumus Microsoft Excel ini berguna untuk mempermudah pengolahan data, sehingga tidak memakan waktu lama.

1. SUM

=SUM(cell pertama:cell terakhir)

Rumus Microsoft Excel pertama dan paling banyak digunakan adalah SUM. Rumus SUM sendiri berfungsi untuk menjumlahkan nilai dari spreadsheet. Rumus SUM juga bisa dipakai untuk mencari total nilai kumpulan data. Cara menggunakan rumus SUM di Microsoft Excel adalah dengan menuliskan formula “=SUM” diikuti dengan cell pertama : cell terakhir yang akan dijumlahkan, contohnya “=SUM(cell pertama:cell terakhir)”.

2. IF

=IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y]”

Rumus Microsoft Excel berikutnya adalah IF. Rumus ini berfungsi untuk menampilkan kebenaran nilai dari kumpulan data di spreadsheet Microsoft Excel. Cara menggunakannya adalah dengan menulis formula “=IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y]”.

3. Average

=AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)

Average adalah rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata. Cara penggunaanya adalah dengan menulis formula “=AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)”.

ilustrasi microsoft excel
ilustrasi microsoft excel

4. MAX dan MIN

=MAX(cell pertama:cell terakhir)

=MIN(cell pertama:cell terakhir)

Rumus MAX digunakan dalam Microsoft Excel untuk menampilkan nilai terbesar dari kumpulan data. Cara menggunakannya adalah dengan menuliskan formula “=MAX(cell pertama:cell terakhir)”

Sedangkan MIN digunakan dalam Microsoft Excel untuk menampilkan nilai terkecil dari sebuah kumpulan data. Rumus yang digunakan adalah “MIN(cell pertama:cell terakhir)”.

5. COUNT

=COUNT(cell pertama:cell terakhir)

Rumus yang banyak digunakan di Microsoft Excel lainnya adalah COUNT. COUNT merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung banyaknya nilai yang ada di tiap cell dalam kumpulan data. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan formula “=COUNT(cell pertama:cell terakhir)”.

Baca juga:

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

4 Comments

  1. Sangat membantu min, ada beberapa rumus yang belum saya ketahui namun dibahas pada artikel ini, terimakasih

Write A Comment