Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan di dunia kerja. Tak heran, jika berbagai perusahaan mengharuskan pelamar kerja memahami dan bisa mengoperasikan Microsoft Excel.

Untuk mengoperasikan Microsoft Excel, kamu perlu menguasai Rumus Excel tertentu. Rumus Excel ini digunakan untuk memberikan perintah dalam Microsoft Excel

ilustrasi Microsoft Excel
ilustrasi Microsofr Excel

Rumus Excel sendiri ada banyak, dan bisa digunakan untuk keperluan analisis mulai yang paling simpel hingga yang paling sulit sekalipun. Meski demikian, kamu tidak perlu menghafal semua Rumus Excel yang ada, cukup beberapa Rumus Excel yang paling sering digunakan saja.

Nah, kali ini Eduparx sudah merangkum beberapa Rumus Excel yang paling sering digunakan di dunia kerja. Rumus Excel ini bisa kamu pahami dan pelajari untuk pekerjaanmu atau jika kamu ingin melamar pekerjaan. 

Berikut beberapa Rumus Excel yang paling sering digunakan di dunia kerja:

Rumus Excel SUM

Rumus Excel SUM ini sering banget digunakan di dunia kerja. Rumus Excel ini sangat simple yaitu digunakan untuk penjumlahan. Dengan Rumus Excel SUM, kamu bisa mendapatkan hasil penambahan dari 2 atau lebih baris data.

Untuk menggunakan Rumus Excel SUM ini, kamu cukup menuliskan =SUM (A1,B1).

A dan B dalam rumus menyatakan letak kolom dan baris dalam sheet Excel, dan kamu perlu menyesuaikan letak datamu dalam sheets excel.

Rumus Excel MAX dan MIN

Rumus Excel MAX dan MIN ini pada dasarnya digunakan untuk menemukan nilai maksimum dan nilai minimum dalam rentang cell yang sudah ditentukan.

Contoh penggunaan Rumus Excel ini adalah dengan menuliskan =MAX(C1:C10). C1 adalah cell nomor 1 dan C10 adalah cell nomor 10. Kemudian hasilnya adalah nilai maksimum dari cell C1 hingga C10.

Kemudian untuk Rumus Excel MIN bisa digunakan dengan menuliskan =MIN(C1:C10) untuk mendapatkan nilai minimum dari cell 1 hingga 10.

Rumus Excel COUNT

COUNT merupakan Rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah cell Excel yang kamu pilih.

Rumus Excel ini bisa kamu gunakan dengan cara meng-highlight 10 cell yang memiliki nilai didalamnya.

Kemudian masukkan rumus =COUNT(A1:A10), maka excel akan memberikan hasil 10.

Rumus Excel COUNTA

Meski hampir sama dengan COUNT, COUNTA memiliki sedikit perbedaan. Rumus Excel COUNTA berfungsi menghitung jumlah cell yang memiliki nilai atau tidak kosong.

Misalnya kamu punya 10 cell namun hanya ada 6 yang ada isinya, maka hasil input Rumus Excel =COUNTA(A1:A10) adalah 6. 

Rumus Excel COUNTIF

Beberapa Rumus Excel memiliki kata IF didalamnya. Untuk Rumus Excel yang memiliki kata IF maka harus ada suatu kriteria tertentu untuk menjalankan perhitungannya.

Syntax Rumus Excel COUNTIF adalah =COUNTIF(range;criteria).

Misalnya Rumus Excel COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah cell yang mengandung value “A” maka rumusnya menjadi=COUNTIF(A1:10; “A”).

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment