Data Scientist menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati dan dibutuhkan di seluruh dunia. Lalu, apa sih sebenarnya yang dikerjakan oleh seorang Data Scientist?

Kini semua perusahaan sudah menggunakan data, baik sebagai pedoman pengambilan keputusan maupun untuk melihat tren di masa depan. 

Baca juga:

Ilmu yang berhubungan dengan pengolahan data disebut sebagai Data Science atau ilmu data. Ilmu ini merupakan penggabungan antara statistika, matematika, dan komputer. Penggabungan ketiga ilmu tersebut kemudian digunakan untuk mengolah data menjadi insight yang bisa digunakan dalam perusahaan maupun bisnis. 

Sedangkan orang yang berkecimpung di dunia Data Science disebut dengan Data Scientist.

ilustrasi data scientist
ilustrasi data scientist

Data Scientist

Data Scientist merupakan salah satu profesi di bidang interdisipliner yang berfokus pada teknologi informasi. Secara umum, Data Scientist bertugas mengumpulkan, mengolah, hingga menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. 

Untuk menjadi seorang Data Scientist, diperlukan berbagai keahlian seperti statistika, matematika, dan bahasa pemrograman.

ilustrasi microsoft excel
ilustrasi microsoft excel

Ilmu Data Science tidak terbatas hanya di background pendidikan tertentu saja, semua orang bisa menjadi Data Scientist asalkan mau belajar.

Profesi Data Scientist memang tenar dan banyak dikenal, bahkan ratusan atau ribuan orang berbondong-bondong untuk mempelajari Data Science dan ingin menjadi seorang Data Scientist.

Berapa gaji Data Scientist?

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Indeed, Data Scientist memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang cemerlang.

Seorang Data Scientist juga bisa mendapatkan pendapatan yang sangat besar, yaitu sekitar 10 ribu dollar AS perbulan. Bahkan, Data Scientist masuk ke dalam daftar 100 pekerjaan berpenghasilan tertinggi di Amerika Serikat

Riset PHI-Integration menunjukkan, gaji profesi Data Scientist untuk fresh graduate sudah mencapai sekitar Rp 12-15 juta, kemudian untuk profesional sendiri mendapat lebih dari Rp 20 juta. Tentunya, sebanding dengan gajinya yang tinggi, Data Scientist juga punya tanggung jawab yang tinggi pula.

Tugas Data Scientist

Seorang Data Scientist tentunya harus siap dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan kemajuan perusahaan. Perusahaan sangat membutuhkan Data Scientist untuk menghasilkan analisa dan keputusan yang berpengaruh pada perusahaan.

Data Scientist bertugas mengolah data dalam jumlah besar atau dikenal dengan Big Data, sehingga menghasilkan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan.Dalam proses pengolahan data, membutuhkan berbagai macam algoritma, tools, serta pemahaman akan proses kerja dari mesin.

Untuk meningkatkan skill, Data Scientist perlu menerapkan konsep akan ilmu data dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan melihat tren yang sedang berkembang di masyarakat, sehingga mampu menghasilkan pengambilan keputusan yang tepat.

Berdasarkan data yang dimuat oleh Towards Data Science, seorang Data Scientist bertugas dalam menuliskan data yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya:

  1.  Memberikan penilaian pada kinerja perusahaan
  2. Memecahkan berbagai permasalahan yang sedang terjadi
  3. Meningkatkan customer experience
  4. Memahami tren, kondisi pasar, dan kompetisi yang ada
  5.  Dan lain-lain

Oleh karena itu, seorang Data Scientist sangat dibutuhkan oleh perusahaan manapun, dan hal ini membuat lapangan kerja yang begitu besar untuk profesi Data Scientist. Semua orang dari latar belakang pendidikan apapun bisa menjadi seorang Data Scientist, namun perlu memiliki kemampuan dasarnya terlebih dahulu.

Baca juga:

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment