ISO 27001 menjadi salah satu standarisasi yang perlu diterapkan di era digital seperti sekarang. 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berbanding lurus dengan ancaman-ancaman keamanan teknologi informasi.

Keamanan informasi menjadi salah satu hal yang sangat penting dan perlu dijaga, terlebih untuk perusahaan yang memberikan layanan IT pada penggunanya.

Data dan informasi seringkali menjadi target pelaku kejahatan siber, dan kerugian yang ditimbulkan akibat bocornya data dan informasi customer tidak terhitung besarnya, mulai dari kerugian material hingga reputasi.

Oleh karena itu, standar keamanan informasi perlu diterapkan. Salah satu standar keamanan informasi yang bisa melindungi dari serangan-serangan hacker adalah ISO 27001.

Apa itu ISO 27001?

ISO 27001 atau International Standardization Organization 27001 adalah standar yang mengatur manajemen keamanan informasi. 

Standar ISO 27001 memberikan berbagai pedoman komprehensif dalam hal identifikasi, pencegahan, dan penanganan risiko keamanan informasi dalam suatu organisasi.

ISO 27001 membantu organisasi dalam melindungi informasi yang sensitif untuk organisasi. 

Informasi sensitif yang dilindungi oleh ISO 27001 seperti data pelanggan, data karyawan, hingga informasi bisnis yang penting.

ilustrasi ISO 27001

Manfaat ISO 27001

Perlindungan data 

ISO 27001 membantu organisasi melindungi data sensitif dari ancaman keamanan seperti peretasan, pencurian, dan serangan siber lainnya.

Kepatuhan Hukum

Mengikuti ISO 27001 dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan hukum dan peraturan terkait keamanan informasi.

Kepercayaan Pelanggan

Implementasi standar keamanan ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kemampuan organisasi dalam menjaga kerahasiaan dan integritas data mereka.

Manajemen Risiko

ISO 27001 membantu organisasi mengidentifikasi, menilai, dan mengatasi risiko keamanan informasi dengan pendekatan yang terstruktur.

Efisiensi Operasional

Dengan meminimalkan risiko insiden keamanan, organisasi dapat mengalami lebih sedikit gangguan operasional dan biaya yang terkait dengan insiden keamanan.

Ingin mempelajari lebih lanjut terkait ISO 27001?

Digital Transformation Acceleration Course – Cyber Security Governance with ISO 27001
Digital Transformation Acceleration Course – Cyber Security Governance with ISO 27001

Ikuti Digital Transformation Acceleration Course – Cyber Security Governance with ISO 27001, KLIK DISINI

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment