Teknologi informasi yang berkembang pesat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pada cara pandang sebuah organisasi.

Teknologi yang terus berkembang memaksa perusahaan atau organisasi untuk terus berinovasi dan mengimbangi perkembangannya.

Tentu perkembangan teknologi berdampak pada aspek tata kelola, risiko, kepatuhan, jaminan, dan proses pengelolaan informasi dan teknologi. Namun di sisi lain, kebutuhan sebuah organisasi untuk bertahan memberikan nilai tambah tidak berubah. 

ilustrasi

Untuk mengatasi hal ini, perlu diterapkan kerangka kerja tata kelola dan manajemen teknologi informasi, agar terjadi keselarasan antara kebutuhan perusahaan dan pemanfaatan IT.

Salah satu kerangka kerja tata kelola IT yang banyak digunakan oleh perusahaan atau organisasi di seluruh dunia adalah COBIT 2019.

COBIT 2019

COBIT 2019 atau Control Objectives for Information and Related Technologies 2019 adalah kerangka kerja yang dikembangkan oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA) untuk mengelola dan mengendalikan IT dalam organisasi.

COBIT 2019 menyediakan panduan dan praktik terbaik dalam mengelola risiko IT, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, dan meningkatkan nilai bisnis melalui pemanfaatan teknologi. 

ilustrasi COBIT 2019
ilustrasi COBIT 2019

Sedangkan untuk mengimplementasikan COBIT 2019, diperlukan seorang CIO atau Chief Information Officer.

CIO sendiri adalah eksekutif tingkat senior dalam sebuah organisasi, yang memiliki tanggung jawab atas pengelolaan dan strategi teknologi informasi atau IT.

CIO dan COBIT 2019 saling terkait dan memiliki hubungan erat dalam konteks hubungan IT.

Seberapa penting COBIT 2019 untuk organisasi dan profesional?

COBIT 2019 memfasilitasi tata kelola perusahaan untuk teknologi informasi. Perusahaan dituntut untuk tetap memberikan penawaran digital yang baru di tengah perubahan teknologi yang dinamis ini. COBIT 2019 memberikan kemudahan yang dapat memberikan dampak baik bagi organisasi maupun profesional. 

COBIT terus berkembang untuk membantu perusahaan dan profesional menciptakan nilai optimal dari informasi dan teknologi terkait.

Hal ini telah memastikan bahwa COBIT akan terus relevan dan berkelanjutan dengan organisasi atau perusahaan di era digital, dimana organisasi dan perusahaan harus menggunakan teknologi digital terbaru untuk terus bertahan atau bahkan berkembang.

Dengan kata lain, COBIT 2019 dapat membantu memberikan manfaat bisnis untuk organisasi atau perusahaan.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment