Organisasi atau perusahaan perlu memiliki kontrol untuk mengelola keamanan informasi. Kontrol sangat diperlukan karena informasi adalah salah satu aset paling berharga yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

Setiap perusahaan yang sangat bergantung pada layanan TI tentu perlu mengelola keamanan informasi untuk memastikan keberlangsungan bisnis.

ISO 27001 bisa menjadi solusi untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi atau Information Security Management System untuk perusahaan Anda. 

Apa itu ISO 27001?

ISO 27001 merupakan salah satu wujud standarisasi internasional yang menetapkan standar tertentu untuk keperluan sistem manajemen keamanan informasi atau yang dikenal dengan ISMS (Information Security Management System). 

ISO 27001 diperbaharui pada bulan September 2013 untuk menggantikan versi sebelumnya yang diterbitkan pada tahun 2005.

Sertifikasi ISO 27001 membuat perusahaan Anda mampu mengelola dan mengendalikan serta menjaga risiko keamanan informasi perusahaan, yang mencakup kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas.

4 Alasan Standar ISO 27001 penting untuk perusahaan Anda

1. Semakin kompetitif

ISO 27001 mampu membuat perusahaan Anda memiliki titik pembeda yang unik diantara pesaing anda. 

Sertifikasi ISO 27001 akan menunjukkan pada pelanggan bahwa perusahaan Anda memiliki pendekatan proaktif terhadap ancaman informasi dan perusahaan Anda mengadopsi praktik terbaik untuk meminimalkan ancaman.

Selain itu, sertifikasi ISO 27001 juga akan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda, artinya perusahaan Anda sudah siap jika memiliki sertifikasi ini.

2. Menjaga privasi dan integritas

Privasi dan integritas merupakan hal prioritas yang harus dijaga oleh organisasi maupun perusahaan. ISMS merupakan cara yang tepat untuk memastikan manajemen keamanan informasi yang efektif serta mengurangi terjadinya kebocoran data. 

ISO 27001 mengatur terkait penyimpanan data, kontrol akses, dan menggunakannya secara aman, sehingga privasi dan integritas perusahaan Anda akan tetap terjaga.

Selain itu, dengan pendekatan sistematisnya akan membantu Anda dalam mengidentifikasi, mengelola, dan mengurangi ancaman terhadap informasi pada organisasi Anda.

3. Menghindari kerugian finansial karena kebocoran data

Mengimplementasikan ISO 27001 dapat meminimalisir kerugian finansial akibat kebocoran data. Berdasarkan penelitian, kebocoran data tidak hanya berpengaruh pada reputasi perusahaan saja, namun juga finansial. 

Penelitian yang dilakukan IBM Ponemon Institute dalam “2015 Cost of Data Breach Study: Global Analysis”  menemukan bahwa total biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan akibat pelanggaran data dapat mencapai USD 3,79 juta. Jumlah ini meningkat hingga 23 persen dalam dua tahun terakhir.

4. Memperkuat struktur organisasi

Menerapkan ISO 27001 secara otomatis akan memperkuat struktur organisasi perusahaan Anda. Segala garis koordinasi dapat ditentukan, mulai dari siapa yang akan membuat keputusan, siapa yang memegang tanggung jawab atas aset informasi, dan siapa yang bertanggung jawab atas akses ke informasi. 

Selain itu, seluruh organisasi dilindungi oleh keamanan, termasuk staf, teknologi, prosedur, serta menciptakan budaya organisasi yang sadar akan keamanan informasi.

Ingin menerapkan standar ISO 27001 untuk perusahaan Anda?

Anda bisa mempelajari tentang standar ISO 27001 Security Governance dan mengimplementasikannya untuk organisasi atau perusahaan Anda, dengan instruktur yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional melalui tombol link DISINI.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment