Pivot Table di Excel bisa menjadi solusi cepat untuk menyelesaikan analisis dengan jumlah data yang cukup banyak.

Excel menjadi salah satu aplikasi spreadsheet yang banyak digunakan oleh organisasi maupun perusahaan.

Banyak fitur yang dimiliki oleh Excel, dan salah satu yang paling berguna adalah Pivot Table.

Pivot Table adalah fitur Excel yang sering digunakan untuk mengelola dan menampilkan data secara praktis, sehingga pengguna bisa mengubah kumpulan data menjadi sebuah tabel yang mudah dipahami.

ilustrasi microsoft excel
ilustrasi microsoft excel

Pivot Table

Pivot Table sudah tidak asing lagi di dunia analisis dan pengolahan data dengan Excel

Pivot Table ini memungkinkan pengguna untuk lebih ringkas dalam mengolah data dalam jumlah yang banyak.

Dengan menggunakan Pivot Table di Excel, kamu bisa melihat berbagai perspektif data, mulai dari jumlah, rata-rata, hingga presentase.

Sebelum membuat Pivot Table di Excel, perlu disiapkan dataset yang terdiri dari sekumpulan kolom dan baris. 

Kemudian setelah membuat Pivot Table, tampilan data bisa diubah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pivot Table bisa dimanfaatkan untuk keperluan apapun, bahkan untuk analisis bisnis

Fungsi Pivot Table pada Excel

Ada beberapa fungsi Pivot Table pada Excel, antara lain:

1. Meringkas data

Pivot Table dapat membuat data lebih ringkas walaupun dalam jumlah yang banyak. Pivot Table bekerja dengan mengelompokkan data berdasarkan kriteria seperti tanggal dan kategori.

2. Penyaringan data

Pivot Table bisa digunakan untuk menyaring data berdasarkan variabel tertentu seperti tanggal atau nomor.

3. Sortir data

Pivot Table juga bisa digunakan untuk menyortir data, baik dalam urutan naik maupun turun.

4. Menggali data

Pivot table bisa menampilkan data secara detail ataupun keseluruhan, sehingga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan data yang dibutuhkan.

5. Menghitung data

Pivot table bisa digunakan untuk kalkulasi data, baik menghitung rata-rata, persentase, maupun total jumlah.

Cara menggunakan Pivot Table di Excel

Sebelum menggunakan Pivot Table pada Excel, perlu terlebih dahulu mempersiapkan sumber data.

Setelah data disiapkan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik sel atau range data yang ingin dibuat Pivot Table
  2. Kemudian pilih menu Pivot Table yang ada di tab Insert>Table>Pivot Table atau menggunakan shortcut Alt+N.
  3. Setelah itu akan muncul dialog box Create Pivot Table dengan nama tabel yang sudah otomatis terisi. Selanjutnya pilih dimana hasil Pivot Table akan diletakkan pada opsi Choose where you want the PivotTable report to be placed kemudian klik Ok.
  4. Setelah klik Ok pada kotak dialog sebelumnya, maka akan muncul sheet baru yang berisi pivot table kosong pada workbook dan sebelah kanan akan muncul pivot table fields.
Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment