Sebuah jaringan memerlukan kontinuitas bandwidth agar tetap stabil dan tidak terjadi gangguan. Salah satu cara untuk menjaga kontinuitas bandwidth adalah dengan memanfaatkan Quality of Service.

Quality of Service (QoS)

Quality of Service adalah metode untuk menjaga kualitas layanan tetap pada batas maksimal yang sudah ditentukan. Ketika banyak layanan yang menggunakan jaringan secara bersamaan, maka akan terjadi penurunan throughput yang didapatkan dari tiap-tiap layanan. 

Maka dari itu perlu dilakukan pengaturan untuk menjamin bahwa layanan tetap bisa berjalan secara optimal. 

Untuk menjamin kontinuitas bandwidth dan menjaga kualitas layanan, bisa diterapkan metode Hierarchical Token Bucket atau HTB untuk bandwidth management.

Hierarchical Token Bucket (HTB)

HTB atau Hierarchical Token Bucket adalah metode yang digunakan untuk mengatur pembagian bandwidth. Sesuai dengan namanya, pembagian bandwidth dilakukan secara hierarki dan dibagi kedalam kelas-kelas sehingga mempermudah pengaturan bandwidth.

HTB banyak digunakan karena menawarkan kemudahan dengan teknik peminjaman dan implementasi pembagian traffic yang lebih akurat.

Ada tiga tipe kelas dalam HTB, yakni root, inner, leaf. Root class berada di urutan paling atas, sedangkan leaf class adalah terminal class yang mempunyai parent class tetapi tidak mempunyai child class. Kemudian pada leaf class, traffic dan layer yang lebih tinggi disuntikkan melalui klasifikasi yang harus digunakan melalui filter, sehingga jenis traffic dan prioritas bisa dibedakan. Sebelum traffic memasuki leaf class, harus diklasifikasikan melalui filter dengan berbagai rules yang berbeda. 

Parameter penyusun HTB

Antrian HTB memiliki parameter penyusun, diantaranya:

  1. Rate

Parameter rate menentukan bandwidth maksimum yang bisa digunakan oleh setiap class. Jika bandwidth melebihi nilai rate, maka paket data akan dipotong atau dijatuhkan. 

  1. Ceil

Parameter Ceil di setting untuk menentukan peminjaman bandwidth antar class, peminjaman bandwidth dilakukan kelas paling bawah ke kelas di atasnya. teknik ini disebut link sharing. 

  1. Random Early Detection

Random Early Detection juga disebut Random Early Drop. Biasanya digunakan untuk gateway atau router backbone dengan tingkat traffic yang sangat tinggi. RED mengendalikan traffic jaringan sehingga terhindar dari gangguan saat traffic tinggi berdasarkan pemantauan perubahan nilai antrian minimum dan maksimum.

Kesimpulan

Hierarchical Token Bucket bisa menjadi solusi untuk pengelolaan dan pembagian bandwidth. Ikuti workshop Hierarchical Token Bucket (HTB) Bandwidth Management with Mikrotik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Bandwidth Management dengan klik link DISINI.

Khusus untuk Anda, dapatkan potongan diskon 10% dengan menggunakan kode voucher:

SEPTEMBERSIBER

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment