Progressive Web App atau PWA merupakan salah satu tools yang dapat meningkatkan kecepatan sebuah website, sehingga traffic yang masuk juga makin lancar.

Kini, hampir semua perusahaan memiliki website. Website digunakan untuk keperluan marketing ataupun penjualan. 

Namun terkadang web yang dikembangkan dalam sebuah perusahaan berjalan lambat sehingga membuat traffic yang masuk menjadi lebih sedikit.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengatasi web yang lambat tersebut. Salah satunya adalah menggunakan Progressive Web App atau PWA.

Baca Juga:

ilustrasi pengembangan website dengan PWA
ilustrasi pengembangan website dengan PWA

Apa itu PWA?

Progressive Web App atau PWA adalah sebuah aplikasi yang dibentuk secara optimal untuk meningkatkan kecepatan penggunaan sebuah web dan aplikasi, namun tanpa membuatnya secara terpisah. 

Dengan kata lain, PWA adalah gabungan dari mobile apps dan web apps yang membuat pengguna dapat mengakses website lebih cepat di ponsel tanpa perlu aplikasi mobile secara terpisah.

ilustrasi microsoft excel
ilustrasi microsoft excel

Manfaat PWA

PWA tentunya memiliki banyak manfaat untuk web sebuah perusahaan. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya:

1. PWA dapat meningkatkan traffic

Secara umum, PWA bekerja seperti aplikasi pada umumnya, namun aplikasi yang menggunakan PWA akan lebih cepat untuk diakses dan nyaman untuk pengguna.

Dengan akses yang cepat dan nyaman, maka tingkat bounce rate pada pengunjung web akan berkurang. 

PWA diterapkan secara simple karena tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu, sehingga akan menghemat penyimpanan ponsel pengunjung.

ilustrasi microsoft excel
ilustrasi microsoft excel

2. PWA memberikan kemudahan untuk penggunanya

Kini kemudahan adalah hal yang dicari-cari banyak orang, termasuk pada pengunjung web. Dengan PWA, pengunjung web hanya perlu mengakses alamat website saja tanpa perlu menginstall aplikasi khusus. Hal ini tentunya memberikan kemudahan untuk para penggunanya.

3. PWA mudah di-update

PWA juga menawarkan kemudahan untuk para pengembang web, dimana para pengembang juga dipermudah dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh PWA.

PWA sangat mudah di update, sebab PWA punya service workers yang memungkinkannya untuk melakukan update otomatis.

    Baca Juga:

    Author

    Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

    Write A Comment