Dalam mengembangkan sebuah website, ada banyak framework yang bisa digunakan. Framework yang paling banyak digunakan dalam pengembangan website adalah PHP. 

Framework yang tepat dalam pengembangan website dapat membantu mempermudah pengembangan, sehingga tidak memakan waktu lebih lama. Selain itu, framework juga bisa menyederhanakan proses pembuatan dan menghasilkan performa yang lebih maksimal. 

Salah satu framework yang sangat populer dalam pengembangan website adalah Laravel. Framework laravel sendiri dikenal dengan kesederhanaan, dan bisa menghasilkan aplikasi web yang powerful.

Baca juga:

Ilustrasi framework laravel
Ilustrasi framework laravel

Apa itu Framework Laravel?

Untuk pengembang web, pasti sudah tidak asing lagi dengan framework PHP. Laravel adalah satu-satunya framework yang membantu memaksimalkan penggunaan PHP dalam pengembangan website. 

PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman yang sangat dinamis, namun sejak adanya Laravel, PHP menjadi lebih cepat, powerful, aman, dan simple. 

Laravel pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 dan mengalami pertumbuhan yang sangat eksponensial. Di tahun 2015, Laravel mendapatkan banyak bintang di GitHub. Kini framework Laravel menjadi salah satu yang paling populer di seluruh dunia.

ilustrasi microsoft excel
ilustrasi microsoft excel

Kelebihan framework Laravel

1. Laravel bersifat Open Source

Laravel merupakan framework yang bersifat open source, bisa digunakan dengan gratis. Framework ini juga banyak digunakan karena developer dapat menggunakannya untuk dikembangkan lagi. 

2. Laravel punya blade template

Selain open source, Laravel juga punya blade template. Blade template pada Laravel ini dapat membantu developer dalam membuat sebuah template menjadi lebih terstruktur serta dinamis. Dengan fitur ini, developer akan lebih hemat waktu dalam mengembangkan website.

3. Laravel punya dokumentasi yang lengkap. 

Laravel banyak digunakan karena dokumentasinya yang lengkap dan selalu diperbaharui. Dokumentasi yang disediakan pada Laravel juga tergolong rapi dan jelas.

4. Laravel lebih aman

Laravel adalah framework PHP yang memberikan beberapa pilihan yang dapat digunakan agar aplikasi tetap aman. Salah satu sistem keamanan yang dimiliki Laravel adalah PDO yang bisa mencegah SQL Injection.

5. Laravel punya fitur migrasi database

Laravel juga punya fitur migrasi database. Ini merupakan salah satu fitur unggulan Laravel. Dengan migrasi database, developer tidak perlu membuat ulang struktur database yang baru karena sistem akan melakukan migrasi data secara langsung. 

Baca juga:

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment