Pengembangan website kini sudah sangat cepat, ditandai dengan semakin banyaknya bermunculan framework JavaScript untuk membangun web app.

Salah satu framework yang sangat populer untuk frontend adalah Vue.js.

Vue.js banyak digunakan oleh developer frontend untuk membuat user interface. Framework ini juga digunakan untuk membuat website menjadi lebih interaktif.

ilustrasi vue.js
ilustrasi vue.js

Vue.js

Vue.js pertama kali dirancang oleh developer Google, Evan You pada 2013 silam.

Kemudian Evan You berfokus mengembangkan Vue.js pada 2016 hingga saat ini. Vue.js pertama kali dirilis pada bulan Februari 2014, dan mendapatkan perhatian dunia sejak hari pertama rilis.

Hingga 2016 perkembangan Vue.js sangatlah konsisten hingga memperoleh NPM download hampir 2 juta, selain itu juga memperoleh Core GitHub Stars mencapai 37 ribu lebih.

Pada dasarnya, Vue.js adalah library pada JavaScript yang digunakan untuk membangun user interface sebuah website. 

Library Vue.js difokuskan pada view layer dan sangat mudah diaplikasikan dan diintegrasikan dengan library lain maupun project yang sudah ada sebelumnya.

Kelebihan Vue.js

Vue.js menjadi salah satu framework favorit untuk frontend developer dengan berbagai fitur yang dimiliki, diantaranya:

1. Vue.js punya ukuran yang kecil

Vue.js memiliki ukuran yang relatif kecil, hanya berkisar antara 18 hingga 21KB saja. 

Hal ini akan memudahkan pengguna dalam mengunduhnya, sebab tidak memerlukan waktu lama. 

Meski berukuran kecil, Vue.js memiliki performa yang sangat tinggi, bahkan lebih cepat daripada framework besar seperti ReactJs, AngularJS, dan EmberJS.

2. Vue.js mudah dipahami

Selain ukurannya yang kecil, Vue.js juga mudah dipahami. Pengguna bisa dengan mudah menambahkan Vue.js ke proyek websitenya karena strukturnya sangat sederhana. 

Hal ini juga akan membuat pengguna lebih singkat dalam mengembangkan website.

3. Vue.js mudah diintegrasikan

Salah satu alasan lain mengapa Vue.js populer di kalangan developer adalah kemudahan integrasinya. Proses integrasinya sangat mudah dengan aplikasi yang sudah ada. Hal ini karena Vue.js dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi lain yang dibangun dengan JavaScript. 

4. Vue.js sangat fleksibel

Vue.js sangat fleksibel karena bisa digunakan untuk modular SPA yang besar. Pengguna juga bisa memakai Vue.js untuk membangun bagian kecil yang interaktif untuk diintegrasikan menggunakan teknologi yang berbeda.

Vue.js bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja, mulai dari menjadi library proyek hingga framework berfitur lengkap yang digunakan untuk membangun seluruh produk.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment