Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan untuk pengolahan data numerik.
Banyak organisasi atau perusahaan yang menggunakan Microsoft Excel. Tak heran jika kemampuan menggunakan Microsoft Excel menjadi syarat wajib seorang karyawan.
Microsoft Excel dapat digunakan untuk mengolah data hingga membuat visualisasi data.
- Rumus Excel untuk Membuat Laporan Keuangan. Maksimalkan Penggunaan Microsoft Excel untuk Pekerjaanmu!
- 5 Rumus Excel yang Banyak Digunakan dalam Keuangan
- Mengapa Excel adalah Pilihan Tepat untuk Analisis Data?
Untuk menggunakan Microsoft Excel, perlu menggunakan rumus Excel yang sebagai perintah.
Contohnya untuk mengetahui rata-rata dari data, rumus Excel yang digunakan adalah AVERAGE.
Lalu, bagaimana cara mencari rata-rata dengan rumus Excel AVERAGE? Mari kita bahas bersama-sama.
Fungsi rumus Excel AVERAGE
Rumus Excel AVERAGE termasuk rumus yang paling banyak digunakan dalam Microsoft Excel. Meski sering digunakan, rumus Excel AVERAGE ini termasuk yang sederhana.
Rumus Excel AVERAGE bekerja dengan mengambil jumlah nilai yang dirata-rata kemudian membagi jumlah tersebut dengan jumlah nilai yang dirata-rata.
Rumus Excel AVERAGE bisa digunakan untuk berbagai jenis data, mulai dari teks, angka, hingga tanggal dan waktu. Rumus Excel AVERAGE juga bisa digunakan untuk menghitung rata-rata tertimbang untuk lebih dari satu set nilai rata-rata.
- Rumus-rumus Microsoft Excel yang Berguna tapi Jarang Diketahui
- Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja
- Rumus Excel yang Mudah dan Sering Digunakan
Jenis-jenis rumus Excel AVERAGE:
Untuk mencari rata-rata di Microsoft Excel, ternyata ada banyak jenis rumus Excel AVERAGE. Namun ada beberapa rumus Excel AVERAGE yang paling sering digunakan, diantaranya:
AVERAGE
AVERAGE(number1, [number2], …)
AVERAGE adalah rumus Excel yang paling dasar untuk mencari rata-rata. Cara kerjanya adalah dengan menjumlahkan angka dalam sebuah rentang kemudian membaginya dengan jumlah angka.
Rumus Excel ini sangat cocok untuk menghitung rata-rata saat jumlah angka sudah diketahui.
AVERAGEA
AVERAGEA(nilai1, [nilai2], …)
Rumus Excel lainnya adalah AVERAGEA. Sebenarnya rumus Excel ini sama dengan AVERAGE, namun rumus ini dapat memperhitungkan jumlah item yang genap dalam suatu rentang.
Jika jumlah item ganjil, maka jumlah total item akan dibagi dua. Namun ketika jumlah item genap, maka akan dibagi dua kali dari jumlah total.
Rumus Excel ini cocok digunakan saat perlu menghitung rata-rata namun jumlah item belum diketahui. Selain itu, Rumus Excel ini juga cocok untuk menghitung rata-rata dari waktu ke waktu.
AVERAGEIF
AVERAGEIF(range, criteria, [average_range])
Rumus Excel ini bisa digunakan untuk menentukan kriteria khusus dalam penghitungan rata-rata. Kriteria khusus tersebut meliputi apa yang boleh dan tidak boleh disertakan dalam penghitungan.
Jenis rumus Excel ini cocok digunakan saat ingin menghitung rata-rata berdasarkan berbagai faktor seperti tingkat pendapatan hingga kelompok usia.