Ingin mengikuti perkembangan teknologi? Anda ingin melakukan transformasi digital untuk perusahaan Anda? Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan transformasi.

Perkembangan teknologi informasi memang tidak terelakkan, kini semua perusahaan sudah melakukan transformasi digital, tentunya Anda tidak ingin ketinggalan bukan?

Transformasi digital perlu Anda lakukan agar proses bisnis perusahaan Anda sejalan dengan perkembangan teknologi. Namun, Anda perlu memperhatikan tata kelola IT agar perusahaan Anda dapat bertransformasi dengan tepat.

COBIT 2019 bisa menjadi kerangka kerja yang dapat membantu perusahaan Anda untuk bertransformasi. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan framework ini, Anda pun bisa menggunakannya untuk tata kelola IT perusahaan Anda.

COBIT 2019

COBIT 2019 merupakan kerangka kerja yang menyediakan prinsip, praktik, alat, dan model yang diterima secara global dalam peningkatan nilai IT perusahaan.

COBIT 2019 adalah evolusi dari COBIT 5 yang sudah mendapatkan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Hingga kini, banyak organisasi dan perusahaan di dunia yang menggunakan framework COBIT 2019.

Di Indonesia sendiri, framework COBIT sudah digunakan oleh berbagai perusahaan, seperti PT. Bank Mandiri Tbk, PT Aerofood Indonesia, dan masih banyak lagi.

Manfaat COBIT 2019

Pengoptimalan TI

Salah satu dari enam prinsip COBIT 2019 adalah tata kelola yang dipidahkan dari manajemen. Pemisahan tata kelola TI dan manajemen ini memungkinkan organisasi untuk membangun TI yang mendukung tujuan bisnis. 

Framework yang sesuai dengan prioritas

Salah satu tujuan COBIT 2019 adalah memberi organisasi berbagai pilihan untuk fokus pada apa yang menjadi prioritas. Selain itu, COBIT Performance Management (CPM) yang diterapkan dalam COBIT 2019 memungkinkan organisasi untuk memahami kemampuan kerangka kerja mereka, sehingga dapat terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan efektivitas. 

Mampu berintegrasi dengan kerangka kerja lainnya

Sama seperti COBIT 5, COBIT 2019 juga bisa bekerja dengan baik jika diintegrasikan dengan kerangka kerja lain seperti ITIL. Hal ini akan membuat perusahaan Anda memiliki fleksibilitas untuk mengintegrasikan COBIT 2019 dengan tools dan best practice yang Anda butuhkan. 

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment