R programming menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam statistika dan visualisasi data.

Pekerjaan terkait analisis data, statistika dan visualisasi data kini sudah semakin mudah dengan adanya teknologi. 

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut, salah satunya adalah R programming.

Ilustrasi R Programming
Ilustrasi R Programming

R programming

R merupakan bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam penelitian ilmiah, statistik, analisis data, hingga visualisasi data. Bahasa pemrograman ini bersifat open source dan memiliki jumlah pengguna aktif yang besar dari seluruh dunia. 

R programming biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. 

Menurut Popularity of Programming Language Index (PYPL), R programming adalah salah satu dari tujuh bahasa pemrograman terpopuler. 

Selain itu dilansir dari Statista, R programming berada termasuk dalam 20 bahasa pemrograman yang paling banyak dicari di tahun 2021. 

Tentunya hal ini menjadi bukti kalau R programming memang bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. 

Untuk apa R programming digunakan?

R programming digunakan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan statistika dan data. Banyak fitur yang dimiliki oleh R programming, dan hal ini sangat membantu dalam beberapa task, seperti manipulasi data, data mining, dan prosedur-prosedur statistika. 

1. R programming untuk analisis statistik

Ilustrasi R programming untuk statistik
Ilustrasi R programming untuk statistik

R programming banyak digunakan untuk statistika. R mempunyai berbagai fungsi yang bermanfaat untuk statistik deskriptif dan pemodelan statistik.

Dengan R programming maka perusahaan dapat melakukan statistik yang kompleks dengan berbagai ukuran data. Ada banyak perusahaan yang menggunakan R programming sebagai alat statistik mereka, salah satunya adalah Amazon. 

2. R programming untuk visualisasi data

Ilustrasi R programming untuk statistik
ilustrasi R programming untuk visualisasi data

Selain berguna untuk statistik, R programming juga punya fitur keren yang bisa digunakan untuk visualisasi data. 

Dengan library ini, pengguna bisa melakukan visualisasi data yang berkualitas. Selain itu, ada banyak grafis yang bisa ditampilkan oleh R programming, seperti histogram, hot map, dan lain-lain. 

Ingin menggunakan R programming untuk analisis dan visualisasi data? Ikuti workshop Analisis dan Visualisasi Data dengan R Programming hanya di Eduparx.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment