Setiap perusahaan yang memiliki karyawan tentunya membutuhkan sebuah pengelolaan proyek. Pengelolaan proyek ini mampu mendukung perusahaan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal, yang mengarah pada pertumbuhan bisnis.

Untuk mencapai keberhasilan bisnis dan proyek, maka seorang project manager perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan proyek yang tepat.

Ada banyak standar yang dibuat untuk pengelolaan proyek atau project management, salah satunya adalah Project Management Body of Knowledge atau PMBOK.

Apa itu Project Management Body of Knowledge (PMBOK)?

Project Management Body of Knowledge atau PMBOK adalah kerangka kerja best practice yang dipraktekkan sebagai standar dalam project management.

PMBOK pertama kali dikenalkan pada 1969 oleh Project Management Institute (PMI) dengan tujuan untuk memberikan standar pengelolaan proyek. Hingga kini, PMBOK mencakup 10 area manajemen, mulai dari integrasi hingga pemangku kepentingan.

Pada tahun 1996, PMBOK edisi pertama dirilis. PMBOK edisi pertama memiliki 176 halaman, 9 area knowledge dengan total 37 proses. Kemudian pada tahun 2021, rilis final PMBOK diperkenalkan.

PMBOK sendiri berisi tentang pedoman dan standar yang diakui secara global untuk profesi project manager. PMBOK juga menjelaskan tentang siklus hidup dan proses yang terkait didalamnya. Dokumen ini juga berisi tentang standar yang mencakup metode, prosedur, kegiatan, dan praktik yang ditetapkan.

Proses dalam PMBOK

PMBOK memiliki beberapa proses, diantaranya:

Initiation

Dalam initiation process, hal apa yang menjadi objek akan didefinisikan, kemudian sumber daya, anggaran, dan tenggat waktu akan diperiksa silang oleh pemangku kepentingan untuk mencapai objektif yang sudah ditetapkan. 

Planning

Dalam proses planning atau perencanaan, risiko, pencapaian, ringkasan, dan anggaran ditetapkan pada tingkat tertinggi. Selain itu, dokumen proyek juga dikembangkan dengan cukup detail. 

Executing

Dalam proses ini, semua rencana dan kegiatan yang sudah disusun dilaksanakan. Tentunya pelaksanaan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. 

Monitoring

Dalam proses monitoring, rencana yang sudah dibuat akan dibandingkan dengan kondisi atau rencana yang sebenarnya. Hal ini dilakukan untuk mengukur varian dan mengambil tindakan korektif. 

Closing

Proses closing menandakan semua pekerjaan sudah selesai dan proyek sudah bisa diselesaikan.

Ingin menerapkan framework PMBOK untuk perusahaan anda?

Anda ingin menerapkan framework best practice PMBOK untuk pengelolaan proyek perusahaan anda? Ikuti kelas Project Management Process and Knowledge dengan instruktur yang berpengalaman melalui link DISINI.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment