ISO 27001 merupakan standar dalam hal pengelolaan keamanan informasi. Sebagai sebuah standar, tentunya organisasi perlu menerapkannya untuk menjaga keamanan informasi.

Meski ISO 27001 merupakan standar yang perlu diterapkan untuk sebuah organisasi, tidak ada aturan secara khusus, organisasi apa saja yang wajib menerapkan standar ISO 27001.

Namun ada beberapa organisasi yang lebih cenderung menerapkan ISO 27001 daripada yang lainnya karena kebutuhan bisnis mereka.

Ilustrasi organisasi yang perlu menerapkan ISO 27001
Ilustrasi organisasi yang perlu menerapkan ISO 27001

Organisasi apa saja yang perlu menerapkan ISO 27001?

Sebuah organisasi tentunya memiliki proses bisnis yang berbeda-beda. Sesuai dengan kebutuhan bisnisnya, berikut organisasi yang perlu menerapkan ISO 27001:

1. Organisasi yang menangani data sensitif

Organisasi yang memiliki akses atau mengelola data yang sangat sensitif, seperti data kesehatan pasien (di sektor kesehatan), data keuangan (di sektor perbankan), atau data pribadi pelanggan, seringkali merasa perlu untuk menerapkan ISO 27001 guna melindungi data tersebut.

2. Penyedia layanan Cloud dan teknologi

Organisasi yang menyediakan layanan cloud, hosting, atau teknologi seringkali menerapkan ISO 27001 sebagai bukti bahwa mereka memprioritaskan keamanan informasi pelanggan dalam lingkungan mereka.

3. Organisasi yang perlu mematuhi regulasi

Banyak regulasi dan undang-undang, seperti GDPR di Uni Eropa, HIPAA di Amerika Serikat, atau PCI DSS untuk industri kartu pembayaran, hingga Undang-undang Perlindungan Data Pribadi atau UU PDP di Indonesia mengharuskan organisasi untuk melindungi data pelanggan dan memiliki kontrol keamanan informasi yang kuat. ISO 27001 dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan ini.

4. Organisasi yang rentan akan ancaman siber

Perusahaan yang beroperasi di industri yang sering menjadi target ancaman siber, seperti perusahaan teknologi atau sektor keuangan, seringkali menerapkan ISO 27001 untuk mengurangi risiko tersebut.

5. Organisasi yang menginginkan keunggulan dalam persaingan

Menerapkan ISO 27001 dapat memberikan keunggulan kompetitif karena dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis. Oleh karena itu, beberapa perusahaan memilih untuk menerapkannya untuk alasan strategis.

Ingin menerapkan ISO 27001 untuk organisasi? Ikuti Digital Transformation Acceleration Course – Cyber Security Governance with ISO 27001, KLIK DISINI.

Digital Transformation Acceleration Course – Cyber Security Governance with ISO 27001
Digital Transformation Acceleration Course – Cyber Security Governance with ISO 27001
Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment