Perkembangan Artificial Intelligence (AI) kini kiat pesat, inovasi-inovasi akan AI kini kian maju. AI sudah digunakan di berbagai keperluan sehari-hari dan dapat mempermudah pekerjaan. Perusahaan IT raksasa, Apple juga telah berencana untuk menyematkan AI dalam setiap perangkat terbarunya. Apple menyebutnya dengan Apple Intelligence atau AI.

Apple Intelligence merupakan salah satu inovasi terbaru dari Apple yang mengeksplorasi potensi AI dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Apple Intelligence sendiri berfokus pada integrasi perangkat Apple untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal dan efisien.

Apple Intelligence merupakan pendekatan Apple dalam memanfaatkan kecerdasan buatan secara holistik di berbagai platform dan perangkat Apple. Dengan sentuhan personalisasi yang mendalam, Apple Intelligence menjadi perantara yang menghubungkan pengguna dengan teknologi AI yang memudahkan aktivitas sehari-hari.

Dengan fokus pada pengembangan AI generatif, Apple Intelligence mampu menciptakan teks, gambar, dan ringkasan secara otomatis. Selain itu, Siri, asisten virtual Apple, juga mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman bahasa dan konteks, memungkinkan interaksi yang lebih intuitif.

Apple Intelligence
Apple Intelligence

Apple Intelligence

Apple Intelligence, atau yang dikenal sebagai Apple AI, merupakan pendekatan multi platform Apple terhadap tren komputasi kecerdasan buatan (AI) saat ini. Ini mencakup fitur AI generatif, seperti penulisan dan pembuatan gambar, serta peningkatan asisten Siri. Kehadiran Apple Intelligence menandai langkah Apple menuju dunia AI, dengan fokus utama pada personalisasi pengguna.

Dalam konteks teknologi modern, kehadiran Apple Intelligence penting bagi pengguna Apple karena memperluas kemampuan pengalaman pengguna di berbagai perangkat Apple. Dengan integrasi AI yang semakin kuat, pengguna dapat mengakses kemampuan generatif, perbaikan teks, dan organisasi data dengan lebih baik. Selain itu, pendekatan Apple yang berfokus pada privasi memberikan keyakinan tambahan bagi pengguna terkait perlindungan data pribadi mereka.

Fitur-fitur Apple Intelligence

Dalam acara tahunan konferensi antar developer di seluruh dunia atau yang disebut dengan WWDC 2024, Apple resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya untuk iPhone, yakni iOS 18.

iOS 18 inilah yang nantinya akan membawa sejumlah peningkatan dan fitur terbaru, termasuk disematkannya Apple Intelligence yang dirancang untuk memberikan pengalaman personal kepada penggunanya.

Apa saja fitur Apple Intelligence yang akan hadir di iOS 18 nanti? Berikut ulasannya:

Rewrite, Proofread, dan Summarize

Pengguna iPhone akan dimudahkan dengan adanya Apple Intelligence, terutama dalam menulis e-mail. Pengguna bisa menyorot email yang sudah ditulis dan memilih intonasi yang berbeda tergantung dengan situasi.

Apple Intelligence dapat memeriksa tata bahasa, pilihan kata, struktur kalimat, hingga menyarankan kata-kata yang lebih baik untuk pengguna ketika menulis email, notes, dan aplikasi lainnya.

Notifikasi

Melalui iOS 18, Apple kabarnya akan menyematkan fitur notifikasi prioritas. iPhone akan mampu menempatkan notifikasi yang dianggap paling penting di bagian atas feed milik pengguna. Tidak hanya notifikasi, namun lengkap dengan ringkasan dari notifikasi yang menumpuk di perangkat sehingga lebih mudah dilihat.

Meski begitu, Apple sendiri belum menjelaskan secara rinci notifikasi seperti apa yang masuk ke dalam kriteria paling penting dan bagaimana nantinya pengguna iPhone akan memutuskan notifikasi mana yang akan muncul.

Image Playground

Apple Intelligence memungkinkan pengguna untuk menciptakan gambar sesuai dengan keinginan pengguna. Pengguna bisa menggunakan prompt berbasis teks dan alat lainnya melalui aplikasi bernama Image Playground.

Fitur tersebut juga diklaim dapat terintegrasi dalam aplikasi pesan dan memungkinkan pengguna memilih gaya, menambahkan detail lewat teks, hingga menyisipkan elemen dari foto pengguna.

Menurut Apple, melalui Image Playground di aplikasi pesan, pengguna dapat dengan cepat membuat gambar menyenangkan untuk teman-teman dan melihat saran konsep yang dipersonalisasi sesuai dengan percakapan mereka.

Genmoji

Fitur lainnya dari Apple Intelligence yang cukup menarik adalah Genmoji. Genmoji memungkinkan pengguna membuat emojinya sendiri menggunakan perintah teks di prompt.

Genmoji dapat digunakan layaknya emoji biasa, baik sebagai emoticon teks in-line atau sebagai respons tapback pada pesan teks. Bahkan pengguna bisa membuat Genmoji berdasarkan foto orang sungguhan, seperti gambar teman atau keluarga. 

Merekam, transkrip dan meringkas audio

Apple Intelligence membuat pengguna iPhone kini mampu merekam suara melalui voice notes atau aplikasi telepon, lebih dari itu, kini pengguna bisa mendapatkan transkrip serta ringkasan teks otomatis dari rekaman tersebut.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment