Selenium memiliki banyak kelebihan yang bisa mempermudah proses testing. Dengan Selenium, testing aplikasi menjadi semakin efisien.

Saat mengembangkan sebuah aplikasi, pasti melewati proses testing agar aplikasi yang sudah dikembangkan berjalan dengan baik sebelum digunakan kepada user.

Terkadang proses pengujian dilakukan secara manual dan memakan waktu yang cukup lama, sehingga banyak tester yang melakukan pengujian dengan cara otomatis.

Ada berbagai tools testing yang bisa digunakan oleh tester untuk menguji apakah aplikasi sudah siap digunakan. 

Salah satu tools pengujian otomatis yang banyak digunakan oleh para tester adalah Selenium. 

Ilustrasi Selenium
Ilustrasi Selenium

Apa itu Selenium?

Selenium adalah tools pengujian aplikasi yang open source dan otomatis. Dengan Selenium, Tester dapat menguji berbagai aplikasi web lintas browser dan platform secara otomatis.

Selenium memiliki kesamaan dengan aplikasi pengujian lainnya seperti HP Quick Test Pro. Perbedaan yang mendasar terletak pada fokus Selenium yang lebih besar untuk otomatisasi pada aplikasi berbasis web. 

Komponen utama dari Selenium adalah WebDriver, Selenium IDE, Selenium Grid, dan Selenium Remote Control (RC).

Kelebihan Selenium

  1. Selenium bersifat open source

Selenium merupakan tools pengujian yang open source, sehingga para tester bisa menggunakan Selenium secara cuma-cuma. 

Caranya cukup mudah, cukup dengan mengunduh dan memakai berbagai fitur di dalamnya saja. Selain itu, pengguna Selenium juga memungkinkan pengguna untuk berbagi dan memodifikasi kode yang ada.

  1. Selenium bisa terintegrasi dengan banyak bahasa pemrograman

Selenium bisa terhubung dan terintegrasi dengan berbagai bahasa pemrograman, framework, dan banyak platform pengembangan. 

  1. Selenium lebih lincah

Kelebihan Selenium lainnya adalah kemampuannya dalam mengelompokkan kembali kasus pengujian. Hal ini berguna untuk mempercepat perubahan kode, meminimalisir kerumitan, dan menurunkan angka penggandaan kode, sehingga tester bisa melakukan pengujian dengan lebih sederhana dan efisien.

  1. Selenium bisa dijalankan lintas platform

Selenium bisa dijalankan pada banyak platform dan browser. Dengan keunggulan ini, banyak developer dan tester yang bisa menulis naskah otomatis secara mudah tanpa khawatir dengan platform yang digunakan.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment