Pengambilan keputusan dalam bisnis harus didasarkan dengan data yang akurat. Namun masih banyak perusahaan yang kurang memperhatikan data, padahal data merupakan aset yang sangat penting dimana strategi dan operasional harus mengacu pada Data-driven Strategy.
Pengelolaan data seringkali menjadi masalah yang penting, namun belum sepenuhnya disadari oleh perusahaan. Data-data tersebut kurang diperhatikan dan justru menimbulkan biaya-biaya lain seperti upaya pembersihan data dan perbaikan data.
IBM memperkirakan biaya kualitas data yang buruk bisa menghabiskan data sebesar $3.1 triliun.
Agar data dapat dimanfaatkan dengan baik dan memberikan keuntungan untuk bisnis, diperlukan tata kelola data.
Data Management Body of Knowledge
Ada banyak framework tata kelola data yang bisa digunakan, dan salah satu yang terbaik adalah dari DAMA International.
DAMA International berfokus dalam membangun komunitas internasional yang berkaitan dengan Data Management.
Sebuah framework dikeluarkan oleh DAMA, dimana framework ini berisi panduan untuk pengelolaan data yang baik berbasis Body of Knowledge, yang dikenal dengan DMBOK.
DMBOK atau Data Management Body of Knowledge adalah framework tata kelola data yang memberikan pendekatan model tata kelola data secara fungsional, lengkap dan menyeluruh dalam membangun tata kelola data di bisnis serta memberikan panduan terkait seluruh aktivitas pengelolaan data.
Pengelolaan data memerlukan perencanaan, pelaksanaan, pengembangan dan seperangkat aturan atau tata kelola yang jelas.
DMBOK memiliki 11 major knowledge, diantaranya:
- Data Governance
- Data Architecture
- Data Modelling and Design
- Data Storage and Operations
- Data Security
- Data Integration and Interoperability
- Documents and Content
- Reference and Master Data
- Data Warehousing and Business Intelligence
- Metadata
- Data Quality
Selain 11 major knowledge tersebut, ada 6 environmental elements yang perlu dipahami terkait aspek people, process dan technology, diantaranya:
- Organization and Culture (People)
- Roles and Responsibilities (People)
- Activities (Process)
- Practices and Techniques (Process)
- Deliverables (Technology)
- Tools (Technology)