Big Data Analytics memungkinkan pengelolaan data yang berjumlah sangat besar agar data bisa dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan maupun organisasi.

Data merupakan aset bagi sebuah perusahaan dan jumlahnya sangat banyak. Pengelolaan data yang sangat besar memerlukan cara khusus agar dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Data dengan jumlah yang sangat besar disebut dengan big data. Seperti data-data pada umumnya, big data perlu dikelola dengan baik dan dianalisis. Analisis big data atau big data analytics sangat dibutuhkan untuk memproses sebuah data agar bisa digunakan dengan baik.

Perkembangan teknologi berbanding lurus dengan produksi data yang semakin besar seiring berjalannya waktu, data yang besar tersebut bisa dimanfaatkan jika dilakukan analisis dengan baik.

Ilustrasi

Big Data Analytics

Big data analytics merupakan proses penggalian informasi dari banyaknya kumpulan data yang berukuran besar. 

Ada banyak hal yang bisa diidentifikasi melalui big data analytics, seperti pola tersembunyi, tren pasar, dan preferensi konsumen. Informasi-informasi ini kemudian digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan suatu perusahaan. 

Ada berbagai jenis big data analytics yang banyak digunakan untuk memproses data dalam jumlah besar, diantaranya:

1. Big Data Analytics Diagnostic

Salah satu jenis big data analytics adalah analisis diagnostik. 

Biasanya, perusahaan menggunakan proses ini untuk mengidentifikasi masalah tertentu. Proses yang dilakukan meliputi pemulihan data, penambangan data, dan penelusuran. 

2. Big Data Analytics Descriptive

Proses analisis deskriptif meringkas data dari masa lalu kemudian dijadikan bentuk data yang mudah dibaca. Dari data-data inilah kemudian laporan data-data lainnya bisa dibutuhkan.

3. Big Data Analytics Preskriptif

Jenis analisis data ini bekerja dengan menggunakan proses data analisis prediktif dan deskriptif untuk menemukan solusi dalam masalah tertentu. Sebagian proses ini bergantung pada machine learning dan artificial intelligence.

4. Big Data Analytics Predictive

Jenis analisis data ini menggunakan artificial intelligence, data mining, dan machine learning untuk menganalisis data saat ini dan masa lalu. Kemudian hasil analisisnya digunakan untuk membuat prediksi yang tepat di masa depan. Dengan menggunakan jenis ini, tren dan pola akan lebih mudah diidentifikasi

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment