Data center punya peran yang sangat besar dalam teknologi informasi. Kenali ancaman-ancaman data center yang bisa menyebabkan gangguan.

Teknologi semakin berkembang pesat, kini semua orang sudah saling terkoneksi melalui alat telekomunikasi mereka. 

Dengan pemanfaatan teknologi informasi, pekerjaan manusia juga semakin mudah dan efisien waktu.

Penggunaan teknologi informasi tak luput dari berbagai elemen pendukungnya. Salah satu elemen pendukung yang sangat penting dalam pemanfaatan teknologi adalah data center. 

ilustrasi data center
ilustrasi data center

Data Center

Sederhananya, data center merupakan fasilitas yang digunakan untuk menyimpan sistem komputer dan komponen lainnya, seperti jaringan, sistem telekomunikasi dan data. 

Dengan kata lain, semua data yang terkait dengan teknologi informasi disimpan di dalam data center.

Meski data center dikenal aman, namun ada beberapa ancaman yang perlu diketahui.

Ancaman-ancaman data center

1. Penyalahgunaan akses

Ancaman yang perlu diwaspadai dalam sebuah data center adalah penyalahgunaan akses. Pasalnya, terkadang ada seseorang yang memiliki akses internal untuk mengotak-atik isi dari data center itu.

Maka dari itu, akses untuk data center sendiri perlu diatur dan dijaga dengan ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Malware

Mungkin malware banyak menyerang komputer-komputer pribadi, tapi siapa sangka ternya sebuah data center juga bisa terserang malware. 

Malware bisa merusak jaringan atau data yang ada pada data center.

3. Ancaman fisik

Ancaman fisik seringkali tidak terhindarkan dalam data center. Biasanya ancaman fisik berasal dari lingkungan sekitar yang menimbulkan kerusakan pada data center.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment