Di era bisnis modern seperti sekarang ini, analisis data menjadi hal yang perlu dilakukan. Untuk mendapatkan hasil analisis data yang tepat dan akurat, tentunya diperlukan tools yang sesuai dengan kebutuhan. 

Dilansir dari Stitchdata, tools analisis data perlu disesuaikan dengan data yang akan dianalisis dan peruntukannya, untuk mendapatkan hasil yang tepat dan akurat. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menganalisis data, jangan sampai hasil analisis tidak akurat karena hal ini bisa berpengaruh pada pengambilan keputusan dan proses bisnis.

Lalu, tools analisis data apa saja yang bisa digunakan agar pekerjaan cepat selesai?

Microsoft Power BI

Microsoft Power BI

Salah satu tools analisis data yang bisa digunakan untuk menyerap data dengan ukuran sangat besar adalah Microsoft Power BI. 

Melalui tools ini, pengguna bisa membuat laporan dan visualisasi data dari beberapa sumber data sekaligus. Selain itu, Microsoft Power BI juga mampu terintegrasi dengan lebih banyak sumber data lokal dan data berbasis cloud. 

Sisense

Sisense

Sisense menjadi tools analisis data yang populer, sebab selain menganalisis data, Sisense juga mampu memvisualisasikan data sekaligus sehingga data menjadi mudah untuk dimengerti. 

Tools analisis data satu ini juga memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya adalah menggabungkan berbagai sumber data dan menyajikannya dalam visualisasi data yang menarik. Dengan dashboard yang interaktif, Sisense memungkinkan penggunanya berkolaborasi dengan anggota tim.

Tableau

Tableau

Menurut Software Testing Help, Tableau adalah salah satu tools yang sangat populer dan fiturnya sangat canggih. 

Tableau bahkan dinobatkan sebagai tools wajib bagi seorang Business Intelligence, karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan. Selain itu, Tableau memungkinkan untuk mengolah data sekaligus visualisasi data agar lebih mudah dipahami.

Xplenty

Xplenty dikenal sebagai tools analisis dan visualisasi data yang canggih dan mudah digunakan. Bahkan, pengguna dapat membersihkan dan mengubah data sesuai keinginan dengan mudah. 

Xplenty sendiri berbasis cloud, dan menyediakan pipeline data yang sederhana. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Xplenty sendiri antara lain transformasi data yang kuat dan bebas coding. Selain itu, dengan menggunakan Xplenty, keamanan data jadi lebih terjamin.

Talend

Talend merupakan tools analisis data yang cukup populer karena kemampuannya menganalisis data dalam volume yang besar. 

Dengan menggunakan Talend, pengguna dapat melakukan data integration meskipun jumlahnya sangat besar. Selain itu, Talend juga mampu melakukan manajemen data master hingga memeriksa kualitas data yang ada.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment