Pernahkah anda berpikir kalau keamanan jaringan juga menjadi hal yang krusial untuk perusahaan Anda? Timbulnya kerugian atas kegagalan keamanan jaringan bisa sangat berdampak untuk proses bisnis perusahaan Anda.

Teknologi memainkan peran yang begitu besar dalam kehidupan sehari-hari, terlebih di zaman yang serba digital seperti sekarang ini. Internet dan komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, sebab kedua hal ini bisa mempermudah pekerjaan manusia. 

Meski banyak memberikan manfaat, ternyata teknologi juga memberikan ancaman baru, terlebih untuk data pribadi. Keamanan menjadi hal yang perlu diperhatikan di era yang serba digital seperti sekarang. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah keamanan jaringan, sebab kini semua perangkat bisa terhubung dengan jaringan, sehingga jika ada celah dan dieksploitasi oleh peretas maka kerugian yang ditimbulkan akan sangat besar. 

Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan adalah sebuah sistem yang bertanggung jawab atas pencegahan dan identifikasi sesuatu yang tidak sah atau mencurigakan dalam sebuah jaringan komputer. 

Tujuan dari keamanan jaringan adalah untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu keamanan sistem pada jaringan komputer, baik secara physical maupun logical.

Prinsip-prinsip keamanan jaringan

Confidentiality

Confidentiality atau kerahasiaan adalah prinsip pertama dalam konsep keamanan jaringan. Sebuah data hanya dapat diakses oleh orang yang berhak dan memiliki akses. Selain itu, informasi didalamnya bersifat rahasia. Pihak luar dilarang untuk mengakses dan membaca data yang ada didalamnya.

Integrity

Prinsip kedua adalah integrity atau integritas. Integritas yang dimaksudkan adalah integritas dalam hal data. Dimana  data yang ada dalam sebuah sistem informasi yang tergabung dalam jaringan hanya dapat diubah oleh pihak yang memiliki wewenang secara legal. Misalkan pemilik rekening yang ingin memindahkan uang dari rekeningnya, hanya dirinya sendirilah yang bisa melakukannya. 

Availability

Availability juga menjadi salah satu prinsip keamanan jaringan, dimana sebuah data yang disimpan dalam sebuah server harus bisa dipastikan ketersediaannya dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja. 

Authentication

Authentication juga menjadi salah satu hal yang penting. Dengan autentikasi, sebuah sistem akan mengenali apakah pengakses memiliki legalitas atau tidak. Autentikasi akan memastikan bahwa pemilik akses benar-benar memiliki legalitas dan tidak digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab.

Access Control

Prinsip terakhir adalah access control. Dalam sebuah sistem yang terhubung dengan jaringan, akan lebih baik jika sistem memiliki role berjenjang. Hal ini perlu diterapkan agar data hanya bisa diakses oleh orang yang membutuhkan saja. selain itu Access Control juga memastikan bahwa data tidak disalahgunakan oleh pihak yang berasal dari dalam

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment