Seiring perkembangan teknologi, proses bisnis juga ikut berubah. Berbagai teknologi hadir untuk mempermudah proses bisnis agar mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam sebuah bisnis adalah analisis data. 

Analisis data sangat diperlukan, sebab pengambilan keputusan harus berdasarkan dengan data yang ada. Seorang data analis bertugas untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data agar dapat dibaca dengan mudah. 

Alasan Mengapa Perusahaan Anda Memerlukan Analisis Data

Data merupakan aset berharga perusahaan Anda. Namun perlu teknik dan cara untuk menjadikan data tersebut bisa bermanfaat. Analisis data dapat membantu perusahaan Anda untuk memproses data dengan baik dan akurat, untuk kemudian digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. 

Berikut alasan mengapa perusahaan Anda memerlukan analisis data:

1. Menemukan inovasi baru

Setiap bisnis perlu melakukan inovasi agar tetap bertahan melewati perkembangan jaman. Analisis data mampu memberikan Anda gambaran tentang tren di masa depan. Selain itu, analisis data juga memungkinkan Anda mengetahui perilaku konsumen. 

Dengan cara diatas, anda bisa menciptakan inovasi baru yang tepat untuk konsumen Anda. Tentunya hal ini sangat penting bagi proses bisnis, sebab setiap perusahaan memerlukan inovasi agar tidak lekang oleh jaman. 

2. Mengetahui keinginan pelanggan

Selain menemukan inovasi atau memprediksi tren, analisis data juga berguna untuk mengetahui keinginan konsumen atas barang atau jasa. Dengan data konsumen yang sudah dihimpun dan diolah, Anda dapat mengarahkan bisnis Anda untuk memproduksi barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen, baik konsumen yang sudah ada ataupun potensial. 

Selain itu, informasi tentang perilaku konsumen juga penting untuk menentukan iklan dan marketing agar penjualan semakin tinggi. 

3. Menentukan target dengan tepat

Analisis data juga berpengaruh dalam hal target marketing. Dengan analisis data, Anda dapat menentukan bentuk iklan apa yang menjangkau pelanggan dengan efektif. 

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui dampak dari iklan atau campaign yang dijalankan.

4. Membantu pengambilan keputusan

Analisis data bisa digunakan untuk memandu keputusan yang akan diambil terkait bisnis Anda. Analitik prediktif dapat memberikan gambaran apa yang dapat terjadi sebagai respons terhadap perubahan bisnis, kemudian analitik preskriptif dapat menunjukkan bagaimana bisnis Anda harus bereaksi terhadap perubahan bisnis yang terjadi.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment