Bayangkan anda bisa mengambil semua data yang ada di web dan social media langsung secara otomatis  menggunakan tools yang mudah digunakan. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk web data scraping, salah satu yang paling populer adalah Selenium. 

Web Data Scraping

Web data scraping merupakan ekstraksi data dari internet dalam skala besar. Hal ini dilakukan secara otomatis dengan tools-tools tertentu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sekumpulan informasi yang bisa dianalisis.

Tools web data scraping bisa digunakan untuk mengeliminasi kesalahan, duplikat, dan entri yang tidak lengkap dari data yang dikumpulkan. 

Kegunaan Web Data Scraping

Web scraping memiliki berbagai kegunaan untuk bisnis, kebanyakan digunakan untuk mengetahui tren, informasi demografi pelanggan, hingga menganalisis halaman website kompetitor.

Bahkan, perusahaan besar seperti Google menggunakan scraping untuk mengumpulkan informasi terkait perilaku dan kebiasaan penggunanya.

Web Data Scraping dengan Selenium

Selenium awalnya merupakan alat yang dibuat untuk menguji perilaku situs web, namun seiring pengembangan yang dilakukan, Selenium kemudian bisa juga digunakan untuk otomatisasi browser web umum yang digunakan dalam scraping web. 

Tools ini bersifat open source dan sangat luas, hingga mampu mengoptimasi berbagai browser seperti Chrome, Opera, Firefox, bahkan Internet Explorer melalui middleware yang disebut dengan Selenium Webdriver. 

Webdriver dapat digunakan untuk web scraping dengan cara yang mirip dengan bot web scraping otomatis lainnya. 

Kelebihan Selenium

1. Open Source

Keuntungan menggunakan selenium adalah bersifat open source. Hal ini tentunya dapat menghemat biaya dan dapat diunduh langsung melalui situs resmi. 

2. Multiplatform

Selain open source, Selenium juga multiplatform dan bisa digunakan di banyak sistem operasi. Selenium mendukung Linux, UNIX, Mac, dan juga windows.

3. Mudah digunakan

Selenium sangat user-friendly dan mudah digunakan di platform apapun. Hal ini memungkinkan pengguna lebih cepat dalam melakukan pekerjaan.

4. Bisa digunakan dengan banyak bahasa pemrograman

Selenium didukung oleh banyak bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang didukung oleh selenium diantaranya Python, PHP, Java, C+, Ruby, Javascript, dan lain-lain.

Kesimpulan

Selenium bisa menjadi pilihan tools untuk web data scraping. Ikuti workshop Web and Social Media Data Scraping with Selenium untuk mengetahui lebih lanjut tentang Data Scraping dengan Selenium. Dapatkan potongan diskon 10% dengan menggunakan kode voucher: SEPTEMBERSIBER

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment