Generative Artificial Intelligence atau AI generatif menjadi sangat populer berkat kehadiran ChatGPT beberapa waktu lalu. Tidak ingin ketinggalan, perusahaan raksasa teknologi Google pun merilis AI generatifnya sendiri, yakni Gemini.

Sebelumnya, Google mengubah nama chatbot Barb AI menjadi Gemini pada awal tahun 2024. Kemudian Google memposisikan teknologi AI ini menjadi asisten AI yang melebihi chatbot biasa yang sudah ada. Google nampaknya sangat serius dalam pengembangan Gemini AI agar lebih banyak orang yang memanfaatkan asisten AI.

Ilustrasi Google Gemini

Google juga melakukan berbagai pembaruan secara konsisten pada Gemini, belum lama ini, Gemini mendapatkan berbagai pembaruan fitur yang memungkinkan pengguna mobile menginstall Gemini di ponsel mereka.

Lalu, apa saja fitur terbaru Gemini AI? Berikut ulasannya:

Aplikasi Gemini diluncurkan lebih luas

Kini Gemini mendukung lebih banyak perangkat, baik iOS maupun Android. Selain itu, Cakupan Gemini juga lebih luas. Setidaknya ada lebih 100 wilayah dan negara dan sembilan bahasa yang didukung oleh Gemini. 

Aplikasi Gemini bisa digunakan selayaknya Google Assistant di ponsel Android. Pengguna bisa mengaktifkan Gemini dengan cara yang sama dengan Google Assistant, seperti mengatakan Hi Google.

Perangkat dengan sistem operasi iOS juga mendapatkan dukungan dari Gemini, meskipun tidak akan seluas yang tersedia melalui aplikasi Android. Pengguna iOS dapat mengaktifkan Gemini dari aplikasi Google untuk mulai menggunakannya.

Dukungan untuk Google Chrome

Gemini juga bisa digunakan di Google Chrome. Google memperkenalkan cara baru untuk mengakses Gemini di Chrome. 

Caranya cukup mengetik @gemini di bilah alamat Chrome dan diikuti perintah untuk Gemini. Kemudian Chrome akan meluncurkan Gemini dengan prompt yang sudah ditulis oleh pengguna untuk mendapatkan jawaban tertentu.

Lebih banyak bahasa dan negara

Gemini memiliki fitur ekstensi yang memungkinkan Gemini menggunakan informasi yang relevan dari aplikasi Google dan layanan untuk menyusun jawabannya. Ekstensi ini tersedia dalam semua bahasa dan negara yang didukung oleh Gemini. Ekstensi dapat digunakan untuk menghubungkan Gemini ke beberapa aplikasi populer Google, termasuk Gmail, Docs, dan Drive. Dengan ekstensi ini, pengguna tidak perlu mencari sendiri informasinya.

Ilustrasi Google Gemini

Interaksi Multimodal

Gemini AI memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan platform menggunakan berbagai mode, termasuk suara, teks, dan gambar. Ini berarti pengguna dapat melakukan pencarian atau menjalankan perintah dengan lebih fleksibel, sesuai dengan preferensi atau situasi mereka. 

Misalnya, pengguna dapat menggunakan pencarian suara saat sedang mengemudi atau menggunakan pencarian gambar saat mencari informasi tentang objek yang tidak dapat mereka deskripsikan dengan kata-kata.

Keamanan dan Privasi yang Ditingkatkan

Dalam era di mana keamanan dan privasi data menjadi perhatian utama, Google Gemini AI menawarkan fitur-fitur yang dirancang untuk melindungi informasi pengguna. 

Ini termasuk kontrol privasi yang lebih ketat, enkripsi data end-to-end, dan alat bantu untuk mengelola izin akses aplikasi pihak ketiga. Dengan demikian, pengguna dapat merasa lebih aman saat menggunakan layanan Google Gemini.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment

Butuh Bantuan? Chat Kami
Exit mobile version