Spotify telah mengeluarkan Spotify Wrapped 2023 yang bisa diakses oleh penggunanya dan dibagikan di sosial media.
Spotify sendiri merupakan salah satu Digital Streaming Platform yang memiliki banyak pengguna.
Di tahun 2023 sendiri, Spotify mencatat pada kuartal III, terdapat 574 juta pengguna aktif bulanan. Angka ini meningkat dibandingkan kuartal II 2023 yakni sebesar 551 juta pengguna.
- Pusat Data Cloud dan On Premise, Apa Bedanya? Cocok untuk Siapa?
- Downtime Pusat Data: Beberapa Hal yang Perlu Anda Tahu
- Mengenal Profesi Data Center Specialist, Ahli Pusat Data yang Banyak Dibutuhkan Organisasi
Dengan banyaknya pengguna, Spotify memanfaatkan data untuk membuat Spotify Wrapped setiap tahunnya.
Spotify Wrapped sangat ditunggu-tunggu oleh jutaan penggunanya di seluruh dunia. Selain memberikan wawasan tentang preferensi selera musik pribadi, Spotify Wrapped juga menjadi contoh bagaimana penggunaan data yang dapat menciptakan pengalaman pengguna yang unik dan menarik.
Lalu, bagaimana Spotify membuat Spotify Wrapped dengan data? Berikut penjelasannya:
1. Analisis data yang mendalam
Spotify Wrapped tidak hanya sekadar menyajikan daftar lagu yang populer. Di balik layar, Spotify melakukan analisis mendalam terhadap data pengguna, mengeksplorasi kebiasaan mendengarkan, preferensi genre, dan frekuensi mendengarkan selama satu tahun penuh.
2. Personalisasi berbasis data
Pengalaman Spotify Wrapped adalah bukti konkret bahwa data dapat menciptakan pengalaman pengguna yang dipersonalisasi. Mulai dari lagu-lagu yang paling sering didengarkan hingga rekomendasi spesifik untuk setiap pengguna, personalisasi ini didasarkan pada pola mendengarkan unik masing-masing pengguna.
3. Visualisasi yang menarik
Dengan data pengguna, Spotify Wrapped memberikan visualisasi yang menarik yang mudah dipahami. Grafik, infografis, dan elemen visual lainnya digunakan untuk menghadirkan data dalam format yang menarik, memberikan pengalaman yang lebih dari sekadar angka dan statistik.
4. Prediksi dan rekomendasi berbasis data
Spotify menggunakan data tahunan untuk membuat prediksi dan rekomendasi yang lebih akurat. Ini tidak hanya mencakup daftar lagu teratas pengguna, tetapi juga menyajikan daftar putar khusus berdasarkan preferensi musik yang dapat diprediksi.
5. Keterlibatan pengguna melalui data
Spotify Wrapped menciptakan keterlibatan pengguna yang tinggi dengan melibatkan mereka dalam eksplorasi data pribadi mereka. Pengguna dapat membagikan hasil Wrapped mereka di media sosial, menciptakan interaksi dan diskusi lebih lanjut di antara komunitas Spotify.
6. Peningkatan layanan berbasis analisis
Dari data yang diperoleh melalui Spotify Wrapped, Spotify dapat melakukan analisis lebih lanjut untuk memahami tren dan pola pengguna secara lebih luas. Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan layanan, memperkaya katalog musik, dan menyempurnakan algoritma rekomendasi.