Setiap perusahaan memiliki data yang perlu dianalisis. Namun data yang dianalisis belum cukup untuk menjelaskan kepada orang lain maksud dari data tersebut. Visualisasi data menjadi cara agar lebih mudah dalam membaca data yang sudah dianalisis. 

Dalam ilmu data, Visualisasi data tidak kalah penting dari analisis data. Profesor Ilmu Komputer terkmuka, Ben Shneiderman pernah berkata “Visualisasi data memberikan Anda jawaban atas pertanyaan yang tidak anda ketahui sebelumnya”. 

Visualisasi data mewakili data dalam bentuk lain yang lebih mudah dipahami seperti grafik, diagram, histogram dan sebagainya. 

Lalu, apa alasan pentingnya visualisasi data untuk perusahaan Anda?

1. Data menjadi lebih mudah dipahami

Pada dasarnya, otak manusia lebih cepat menafsirkan informasi visual daripada informasi numerik. 

Menampilkan bagan atau grafik mampu mengubah data menjadi hal yang mudah dipahami oleh orang lain. Visualisasi data bisa menjadi penyederhana data yang kompleks sekalipun, sehingga siapapun bisa memahaminya dengan mudah. 

Dengan data yang mudah dipahami, maka memungkinkan pemangku kepentingan dapat mengambil keputusan dengan cepat.

2. Mudah untuk mengidentiikasi pola

Data dalam jumlah besar biasanya memiliki pola yang acak dan sulit untuk dipahami. Dengan visualisasi data, audience akan lebih mudah dalam mengidentifikasi pola yang ada pada data. 

Dengan melihat dan mengidentifikasi pola-pola yang terbentuk, maka akan mudah juga mengidentifikasi kesalahan yang ada pada data.

3. Meningkatkan penjualan

Berdasarkan laporan Aberdeen, organisasi yang menggunakan visualisasi data memiliki 28 persen kemungkinan untuk menemukan informasi yang tepat waktu daripada mereka yang hanya mengandalkan pelaporan konvensional.

Bisnis yang telah menggunakan visualisasi data akan mendapatkan peningkatan besar dalam ROI (Return on Investment) mereka. Menurut studi lain tentang bisnis global, didapatkan bahwa 26 persen organisasi responden yang menggunakan visualisasi data mendapatkan pertumbuhan pendapatan.

Ingin membuat visualisasi data untuk perusahaan Anda?

Anda bisa mempelajari tentang visualisasi data dan  mengimplementasikannya untuk organisasi atau perusahaan Anda, dengan instruktur yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional melalui tombol link DISINI.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment

Butuh Bantuan? Chat Kami
Exit mobile version