Seiring berkembangnya teknologi, ancaman kejahatan siber juga semakin berkembang dan punya banyak motif. Jika tidak dijaga dengan baik, ancaman-ancaman siber ini dapat merugikan baik secara personal maupun perusahaan. Salah satu keamanan yang perlu diperhatikan di era digital adalah keamanan jaringan. 

Keamanan jaringan menjadi penting sebab semua perangkat kini terhubung dalam sebuah jaringan. Jika keamanan jaringan kurang baik, maka hacker bisa saja masuk melalui celah-celah jaringan yang ada. 

Menurut Cybersecurity Venture, pada tahun 2021 sendiri kejahatan siber telah berkembang dan merugikan setidaknya sebesar 6 triliun USD. 

Sistem keamanan jaringan

Sistem keamanan jaringan merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah sistem, security tools, ataupun kebijakan keamanan yang ada. Kemudian ketiga hal tersebut digunakan untuk memantau, mencegah, dan merespons gangguan jaringan yang tidak sah atau ilegal. 

Sistem keamanan jaringan sendiri juga akan melindungi aset digial, termasuk network traffic. Dalam implementasinya, keamanan jaringan bisa saja berbentuk software atau hardware yang didesain untuk merespon berbagai potensi serangan siber yang menargetkan jaringan.

Klasifikasi keamanan jaringan

Menurut David Icove, berdasarkan celah keamanan yang ada pada suatu sistem, keamanan jaringan dibedakan menjadi empat macam, yakni:

Keamanan Fisik atau Physical Security

Keamanan fisik meliputi seluruh sistem beserta peralatan, peripheral, dan media yang digunakan. 

Keamanan data dan media

Dalam keamanan ini, biasanya hacker akan memanfaatkan kelemahan yang ada pada software yang digunakan untuk mengolah data. Biasanya hacker menyisipkan virus pada komputer target melalui attachment pada email. Selain itu, mereka juga akan memasang backdoor atau trojan horse pada sistem target. Tujuannya untuk mendapatkan dan mengumpulkan berbagai informasi penting, seperti password administrator.

Keamanan dari luar

Salah satu tindakan yang diambil oleh seorang hacker adalah memanfaatkan kecerobohan dari orang yang memiliki hak akses. Hal ini biasa disebut sebagai social engineering. Social engineering sendiri merupakan tingkatan tertinggi dalam dunia hacking dan cracking. Biasanya, hacker akan menyamar menjadi seseorang yang memakai sistem dan lupa passwordnya, sehingga akan meminta pada orang yang memiliki hak akses pada sistem untuk mengubah atau mengganti password.

Keamanan dalam operasi

Merupakan salah satu prosedur yang dilakukan untuk mengatur sistem keamanan setelah terjadi serangan. Dengan prosedur tersebut, sistem akan kembali berjalan normal seperti biasa. Biasanya, hacker akan menghapus seluruh log-log yang tertinggal pada sistem target atau biasa disebut dengan log cleaning setelah melakukan serangan.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment

Butuh Bantuan? Chat Kami
Exit mobile version