Untuk bertahan di tengah perkembangan dunia digital, sebuah perusahaan membutuhkan enterprise architecture. Enterprise Architecture sendiri merupakan cara untuk mengoptimalkan perusahaan atau organisasi menuju organisasi terpadu yang tanggap terhadap perubahan, termasuk dalam hal strategi bisnis.

Enterprise architecture yang baik memungkinkan perusahaan Anda untuk mencapai keseimbangan antara efisiensi teknologi informasi dan inovasi bisnis. Salah satu framework atau kerangka kerja yang banyak digunakan untuk enterprise architecture adalah The Open Group Architecture atau TOGAF Framework. 

Apa itu TOGAF?

TOGAF atau The Open Group Architecture Framework merupakan metode pengembangan yang digunakan untuk merencanakan dan merancang arsitektur TI. TOGAF pertama kali dibangun pada tahun 1995 berdasarkan kerangka arsitektur teknis yang dirancang oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat.

TOGAF kemudian digunakan untuk membantu perusahaan atau organisasi dalam mecanang infrastruktur TI, yang disesuaikan dengan kebutuhan suatu perusahaan maupun organisasi. TOGAF menggunakan pendekatan tingkat tinggi terhadap kerangka kerja yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk merencanakan, merancang, mengimplementasikan, dan mengelola Enterprise Architecture.

Empat pilar TOGAF

Business Architecture

Business Architecture atau arsitektur bisnis yang berisi tentang informasi terkait strategi bisnis, governance, dan cara beradaptasi pada proses yang sudah berjalan pada sebuah organisasi. 

Application Architecture

Arsitektur aplikasi berisikan rancangan desain untuk melakukan strukturisasi dan penyebaran sistem aplikasi, yang berkaitan dengan tujuan bisnis, kerangka kerja, dan seluruh akar proses bisnis. 

Data Architecture

Arsitektur data sendiri meliputi aktivitas pendefinisian data storage sebuah perusahaan maupun organisasi, manajemen, dan pemeliharaan. Dalam hal pemeliharaan juga meliputi logical dan physical model data. 

Technical Architecture

Technical Architecture meliputi aktivitas pendeskripsian seluruh hardware, software, dan infrastruktur TI yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi bisnis.

Ingin Perusahaan Anda dapat berkembang pesat di era digital?

Implementasikan enterprise architecture dengan kerangka kerja TOGAF dengan  klik link di DISINI.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment

Butuh Bantuan? Chat Kami
Exit mobile version