Data menjadi hal yang sangat penting untuk sebuah organisasi ataupun perusahaan. Bagi perusahaan, data bisa menjadi acuan untuk strategi maupun pengambilan keputusan. Untuk mendapatkan data yang akurat, tentunya setiap perusahaan perlu melakukan pengumpulan, penyimpanan dan analisis. Kecepatan analisis juga menjadi penting, sebab hasil analisis bisa dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan. 

Analisis data dengan R programming bisa menjadi pilihan untuk mempercepat proses analisis data untuk perusahaan Anda. 

R Programming

R programming atau bahasa pemrograman R adalah perangkat lunak open source yang digunakan untuk menganalisis data. Selain itu, R juga bisa digunakan untuk statistik dan visualisasi data. Faktanya, R digunakan oleh lebih dari 2 juta lebih ahli statistik dan data scientist di seluruh dunia. Selain itu, bahasa R juga bisa diadopsi lebih luas untuk aplikasi bisnis.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh O’Reilly Media pada tahun 2014, R media merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer dan powerful, yang banyak digunakan oleh data scientist dan ahli statistika.

Lalu, apa saja kelebihan R programming untuk analisis data?

Kelebihan R programming untuk analisis data

1. Gratis dan open source

R merupakan bahasa pemrograman yang gratis dan open source, yang bisa digunakan siapa saja. Selain itu, R juga bisa dijalankan lintas platform baik Windows, Mac, maupun Linux. 

2. Lengkap

R memiliki semua tools yang dibutuhkan untuk menganalisis data, baik dari data yang kecil maupun besar. Selain itu, R juga memiliki tools yang dibutuhkan untuk menganalisis statistik seperti ANOVA, Regression, Tree Models, GLM, dan lain-lain.

3. Kemampuan visualisasi data yang baik

Selain memiliki tools untuk menganalisis data, R juga punya tools yang sangat baik untuk visualisasi data. Sistem grafis R mengadopsi dari pakar visualisasi data populer seperti Edward Tufte dan Bill Cleveland. Visualisasi data R sering digunakan oleh media-media besar seperti New York Times dan The Economist.

4. Memiliki komunitas yang kuat

R programming digunakan oleh banyak ilmuwan, ahli statistika, dan data scientist di seluruh dunia. Mereka saling terhubung dalam komunitas online. Forum-forum diskusi terkait bahasa pemrograman R juga sangat terbuka. Jika Anda menemukan kesulitan akan penggunaan R programming, komunitas ini siap membantu Anda.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment

Butuh Bantuan? Chat Kami
Exit mobile version