Risiko IT merupakan hal yang perlu diperhatikan di era teknologi informasi seperti sekatang, lalu bagaimana proses-proses pengelolaan Risiko IT?

Teknologi informasi berperan besar dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Namun apakah kamu tahu bahwa seiring berkembangnya teknologi maka risiko-risiko terhadap IT juga semakin bertambah?

Risiko didefinisikan sebagai hasil kemungkinan atas kejadian dan dampak dari kejadian tersebut. Sedangkan dalam IT, risiko didefinisikan sebagai hasil dari nilai aset dan kerentanan sistem terhadap risiko dan ancaman yang ditimbulkannya bagi organisasi. 

IT Risk Management

Ilustrasi manajemen risiko IT

IT Risk Management hadir untuk menangani kemungkinan risiko-risiko yang terjadi pada IT. Penerapan prinsip-prinsip manajemen risiko IT terhadap perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi dengan tujuan untuk dapat mengelola risiko-risiko yang berhubungan dengan perusahaan. 

Risiko-risiko yang dikelola meliputi kepemilikan, operasional, keterkaitan, dampak, dan penggunaan dari teknologi informasi pada sebuah perusahaan.

Lalu, bagaimana langkah-langkah yang dilakukan untuk manajemen risiko IT?

Identifikasi risiko IT

Dalam proses identifikasi risiko IT, perusahaan akan mengungkap, mengenali, dan menggambarkan risiko yang mungkin akan mempengaruhi proyek. Dalam proses ini, identifikasi juga dilakukan untuk mengantisipasi risiko lain yang bisa muncul. 

Menganalisis risiko IT

Ketika risiko IT sudah teridentifikasi, maka langkah selanjutnya adalah menentukakn kemungkinan dan konsekuensi dari setiap risiko IT yang ada. Kemudian kemungkinan dan konsekuensi tersebut dikembangkan menjadi pemahaman tentang sifat risiko dan potensi untuk mempengaruhi tujuan dan sasaran proyek. 

Mengevaluasi risiko IT

Tahap selanjutnya adalah evaluasi risiko IT. Pada proses ini, evaluasi risiko dilakukan dengan menentukan besarnya risiko, yang merupakan kombinasi dari kemungkinan dan konsekuensi. Kemudian perusahaan membuat keputusan apakah risiko itu dapat diterima atau tidak. 

Memantau dan mempertimbangkan risiko IT

Setelah mengevaluasi risiko IT, proses selanjutnya adalah melakukan pemantauan dan mempertimbangkan risiko. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko lebih besar yang mungkin akan datang.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment

Butuh Bantuan? Chat Kami
Exit mobile version