Flutter memiliki segudang kelebihan yang dapat memudahkan penggunannya, salah satunya memiliki animasi dan API yang lebih lengkap. 

Penggunaan API sangatlah penting untuk mempermudah pekerjaan programmer mobile, maka dari itu, kemampuan mengakses API mejadi hal yang wajib dikuasai oleh programmer mobile. 

Salah satu arsitektur penting dalam API adalah REST API.

Apa itu REST API?

REST API merupakan salah satu arsitektur yang ada dalam API (Application Programming Interface). REST atau Representatitonal State Transfer menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) sebagai media pertukaran data. 

Aplikasi-aplikasi yang memakai REST API nantinya dapat melakukan pertukaran data secara efektif, kemdian performa setiap penggunanya akan terasa cepat dan mudah dikembangkan.

Kelebihan REST API

1. Pemisahan client-server

Protokol REST memungkinkan pemisahan interface pengguna dari server penyimpanan data, dan hal ini memiliki banyak keuntungan dalam melakukan pengembangan. 

Salah satu manfaat pemisahan client-server dalam REST API adalah meningkatkan portabilitas antarmuka ke platform lain, meningkatkan skalabilitas proyek dan memungkinkan berbagai komponen dikembangkan secara independen.

2. Independen

REST selalu menyesuaikan dengan jenis sintaks atau platform yang digunakan, sehingga pengembang akan lebih leluasa saat mengubah atau menguji lingkungan baru dalam pengembangan.

Dengan menggunakan REST API, kamu dapat memiliki server PHP, Java, Phyton, atau Node.js.

3. Visibilitas dan skalabilitas

Pemisahan antara klien dan server memungkinkan setiap tim pengembangan dapat menskalakan produk dengan mudah. 

Mereka dapat bermigrasi ke server lain atau membuat segala jenis perubahan dalam database jika data dari setiap permintaan dikirim dengan benar. 

Pemisahan tersebut dapat membuat aplikasi menjadi lebih fleksibel untuk digunakan.

Kesimpulan

REST API memberikan kemudahan dalam pengembangan aplikasi mobile melalui Flutter, maka penting bagi pengembang untuk menguasai teknik mengakses API. Ikuti workshop Accessing Rest API in Flutter untuk mengetahui lebih lanjut tentang akses API melalui Flutter.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment

Butuh Bantuan? Chat Kami
Exit mobile version