COBIT 2019 memiliki sejumlah domain yang mencakup berbagai aspek, apa saja domain tersebut?

COBIT 2019 atau Control Objective for Information and Related Technologies adalah kerangka kerja yang sangat populer dalam tata kelola IT. COBIT 2019 dirancang untuk membantu organisasi dalam mengelola dan memantau teknologi dengan efektif. 

COBIT 2019 memberikan panduan yang komprehensif bagi manajer IT dan profesional untuk mencapai tujuan bisnis, mengoptimalkan nilai dari investasi IT dan menjaga keamanan dan kualitas layanan IT.

Ilustrasi tata kelola IT dengan COBIT 2019

5 Domain COBIT 2019

Sebagai framework, COBIT 2019 memiliki lima domain utama. Domain utama dari COBIT 2019 mencakup berbagai aspek pengelolaan dan pemantauan teknologi informasi. 

Kelima domain COBIT 2019 ini dirancang untuk memberikan panduan yang holistik dan terpadu dalam menghadapi tantangan untuk organisasi dalam mengelola aset IT mereka.

Lalu, apa saja domain utama COBIT 2019? Berikut penjelasannya:

Evaluate, Direct, and Monitor (EDM)

Domain EDM bertanggung jawab atas pembuatan dan pengawasan kebijakan, serta memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai melalui penggunaan teknologi informasi yang tepat. Domain ini berfokus pada tugas-tugas seperti pengawasan internal, manajemen risiko, dan pengukuran kinerja.

Align, Plan, and Organize (APO)

Domain APO berkaitan dengan perencanaan strategis dan operasional yang memastikan penggunaan optimal dari sumber daya teknologi informasi. Di dalam domain ini, terdapat kegiatan seperti perencanaan bisnis TI, manajemen arsitektur, dan manajemen keperluan serta sumber daya manusia.

Build, Acquire, and Implement (BAI)

Domain BAI mencakup proses pengembangan, akuisisi, dan implementasi solusi teknologi informasi. Domain ini termasuk tugas-tugas seperti pengelolaan proyek, pengembangan sistem, serta pengujian dan validasi.

Deliver, Service, and Support (DSS)

Domain DSS berfokus pada pengiriman layanan TI yang berkualitas dan dukungan yang memadai kepada pengguna. Di dalam domain ini, termasuk kegiatan seperti manajemen operasional TI, manajemen keamanan, dan manajemen kontinuitas bisnis.

Monitor, Evaluate, and Assess (MEA)

Domain MEA melibatkan proses pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan. Domain ini mencakup kegiatan seperti pengukuran kinerja TI, audit, dan penilaian risiko.

Author

Eduparx adalah platform pembelajaran IT online nomor 1 di Indonesia yang menyediakan pelatihan berkualitas dan bersertifikat. Eduparx hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam mempelajari teknologi informasi dengan pelatihan dan produk online yang berkualitas dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Write A Comment

Butuh Bantuan? Chat Kami
Exit mobile version